UEFA Resmi Tunda Final Liga Champions dan Liga Europa

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 05:31 WIB
UEFA Resmi Tunda Final Liga Champions dan Liga Europa

Final Liga Champions 2019/2020 resmi ditunda karena virus corona. (Foto: UEFA).

NYON, iNews.id – Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) resmi menunda sejumlah pertandingan final, di antaranya final Liga Champions, Liga Europa dan Liga Champions Wanita musim 2019/2020.

Seharusnya babak final Liga Champions dijadwalkan di Ataturk Olympic Stadium, pada 31 Mei mendatang. Sedangkan Stadion Energa Gdansk bakal menjadi tuan rumah final Liga Europa musim ini pada 27 Mei.

Begitu pula dengan partai puncak Liga Champions Wanita di Viola Park juga tidak akan berlangsung pada 24 Mei. UEFA memutuskan untuk menunda ketiga pertandingan itu, meski belum menemukan tanggal begitu.

“Sebagai hasil krisis virus corona di Eropa, UEFA dengan resmi menunda sejumlah pertandingan yang awalnya dijadwalkan pada Mei. Masih belum ada keputusan mengenai tanggal pengganti,” bunyi pernyataan di laman resmi UEFA.

Pihak UEFA pun berjanji untuk segera mencari tanggal pengganti. Namun, mereka diperkirakan harus menunggu hingga kondisi lebih kondusif dan ancaman virus corona berkurang.

“Berdasarkan konferensi antara stakeholder sepak bola di Eropa, kami akan menganalisa opsi yang tersedia. Tim kami sudah mulai memeriksa kalender. Pengumuman akan dimuat dalam waktu dekat,” lanjutnya.

Sebelumnya, Liga Champions dan Liga Europa kini masih berada di babak 16 besar. Namun, sejumlah laga harus ditangguhkan setidaknya hingga akhir April 2020.

UEFA berkomitmen untuk menyelesaikan musim ini paling lambat 30 Juni 2020. Akibat keputusan tersebut, UEFA terpaksa menunda setahun perhelatan Euro 2020.

Pesta sepak bola negara-negara Benua Biru seharusnya diadakan pada 12 Juni-17 Juli tahun ini. Tapi turnamen digeser jadi 11 Juni-11 Juli 2021.

Editor : Abdul Haris