Liga Denmark Bikin Inovasi Baru, Nonton Bola Pakai Aplikasi Zoom

Arif Budiwinarto ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 20:45 WIB
Liga Denmark Bikin Inovasi Baru, Nonton Bola Pakai Aplikasi Zoom

Ilustrasi penonton virtual menggunakan video conference Zoom saat pertandingan AGF Aarhus versus Randers di Liga Denmark (foto: BBC)

AARHUS, iNews.id - Liga Denmark menghadirkan terobosan baru menggelar pertandingan sepak bola di tengah pandemi virus corona. Untuk pertama kalinya, sebuah pertandingan akan diramaikan oleh penonton virtual menggunakan aplikasi video conference.

Liga Denmark menjadi kompetisi sepak bola kedua di Eropa yang kembali bergulir setelah Bundesliga Jerman. Dalam pelaksanaannya, laga akan digelar secara tertutup.

Untuk menghadirkan kesan stadion ramai dengan penonton, panitia pertandingan AGF Aarhus versus Randers berinisiatif menampilkan wajah-wajah penonton di tribun stadion dengan bantuan teknologi video conference.

Pada laga yang akan berlangsung Jumat (29/5/2020) dini hari WIB, para fans akan hadir di tribun dengan bantuan layar raksasa berukuran 40x3 meter dan dua layar lebih kecil lagi yang akan jadi 'kursi' bagi fans netral dan tim tamu.

Konsep penonton virtual ini merupakan kerjasama antara AGF Aarhus dan penyedia teknologi video conference, Zoom. Layar-layar tersebut sudah dipasang di kandang AGF Aarhus sejak Rabu (26/5) kemarin.

Diperkirakan akan ada 10 ribu wajah yang tampil di layar melalui 556 channel Zoom berbeda. Selama mengikuti aktivitas tersebut penonton harus memperhatikan aturan yang sudah ditetapkan panitia jika tidak ingin diblok channel Zoom-nya.

"Jika kelakuan Anda tidak sesuai dengan peraturan, maka kami akan menendang Anda dari pertemuan Zoom ini," kata Soren Carlsen, kepala tim media AGF Aarhus.

Bukan cuma menonton, fans juga bisa bernyanyi bersama-sama guna menghidupkan atmosfer di stadion. Panitia sudah menguji coba audio Zoom dengan mengundang 50 fans.

"Kami mencoba membawa suara mereka ke stadion dn meminta mereka menyanyi dan chant bersama, ternyata bisa juga," dia menambahkan.

Namun, satu hambatan yang berpotensi terjadi adalah delay tayangan dengan momen di lapangan. Dilansir dari Yahoo Sport, delay bisa terjadi antara 6-7 detik setelah kejadian di lapangan.

Editor : Arif Budiwinarto