Liga Italia Larang Jersey Warna Hijau Dipakai Musim 2022/2023, Ini Alasannya

Ibnu Hariyanto ยท Jumat, 16 Juli 2021 - 07:50:00 WIB
Liga Italia Larang Jersey Warna Hijau Dipakai Musim 2022/2023, Ini Alasannya
Klub-klub Liga Italia dilarang memakai jersey lapangan warna hijau mulai musim 2022/2023 dan seterusnya. Sassuolo (hijau) disebut akan terkena dampak aturan ini. (Foto Twitter Opta Paolo)

ROMA, iNews.id- Lega Serie A mengeluarkan aturan baru soal pemakaian jersey di musim 2022/2023. Klub-klub Liga Italia dilarang memakai jersey lapangan warna hijau mulai musim 2022/2023 dan seterusnya.

Dikutip dari Football Italia, Jumat (16/7/2021), aturan ini sengaja diumumkan lebih awal oleh operator Liga Italia. Hal ini untuk memberikan waktu bagi klub Serie A mempersiapkan desain jersey untuk musim depan 

Sejumlah laporan menyebut perubahan aturan didasari kekhawatiran perusahaan televisi. Mereka khawatir jersey warna hijau terlalu mirip dengan warna lapangan dan dapat menyebabkan pemain berbaur dengan latar belakang.

Tentu aturan ini sangat berdampak kepada klub-klub yang diketahui memiliki jersey warna hijau. Seperti jersey tandang Atalanta dan Lazio.

Tak hanya dua klub itu, Sassuolo juga kemungkinan terkena dampak. Sebab, Sassuolo diketahui memiliki jersey kandang dominan warna hijau.

Namun sejumlah laporan menyebut Sassuolo tetap aman. Sebab, jersey mereka terdapat stip hitam dan hijau yang porsinya sama.

Perubahan aturan pada jersey ini juga mempengaruhi kaus kaki dan celana pendek. Jika lebih dari tiga warna digunakan, satu harus jelas dominan di seluruh jersey, celana pendek dan kaus kaki.

Editor : Ibnu Hariyanto