Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Pensiun Dekade Ini

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 02 Januari 2020 - 17:17 WIB
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Pensiun Dekade Ini

Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (kanan). (Foto: AFP)

BARCELONA, iNews.id – Dua ikon sepak bola dunia, megabintang Barcelona Lionel Messi dan andalan Juventus Cristiano Ronaldo mendekati masa-masa akhir kariernya. Mereka diprediksi bakal pensiun pada tahun 2020-an alias di dekade ini.

Messi tahun ini akan mulai memasuki usia 33 tahun, sementara Ronaldo 35. Meski usia tak lagi muda, performa keduanya tetap terbilang oke. La Pulga sudah mencetak 15 gol dari 18 pertandingan di semua kompetisi.

Sedangkan CR7 membukukan 12 gol dari 21 penampilannya di berbagai ajang. Tapi lambat laun, usia akan menggerogoti skill dan kebugaran mereka. Musim ini saja, kedua pemain tersebut kerap diganggu cedera.

Pengumuman gantung sepatu cepat atau lambat akan mereka umumkan ke publik. Messi pernah bilang belum memikirkan rencana pensiun. Kapten Timnas Argentina itu mengatakan masa pensiunnya tergantung performa di lapangan.

“Saya mengevaluasi diri setiap tahunnya. Saya masih merasa baik. Jika nantinya sudah merasa tak bisa melanjutkan sepak bola, saya akan mulai berpikir pensiun. Sekarang saya berada di usia 32 tahun dan semuanya semakin sulit karena cedera. Itu normal dan logis,” kata Messi dikutip Barca Blaugranes.

“Saya bisa saja mengatakan pensiun di usia 35 atau 36. Tapi semua tergantung performa, apakah  saya masih bagus atau tidak dalam bermain saat itu. Tapi saya tidak ingin berhenti selama masih kompetitif dan bisa membantu tim,” ujarnya.

Jika benar pemain kidal itu pensiun di usia 36 tahun, maka dia akan mengucapkan salam perpisahan kepada dunia si kulit bundar di tahun 2023.

Sementara Ronaldo punya target berbeda. Mantan penyerang Manchester United dan Real Madrid itu ingin pensiun di usia 40 tahun atau pada 2025. Dia juga mengatakan berharap bisa melanjutkan karier sebagai bintang film usai meninggalkan sepak bola.

“Beberapa tahun yang lalu, rentang usia pesepak bola aktif di umur 30 hingga 32. Tetapi sekarang Anda menemukan mereka yang berusia 40 tahun. Saat tubuh tidak lagi merespons dengan cara yang benar di lapangan, maka itu saatnya untuk pergi. Saya bercita-cita melanjutkan studi setelah pensiun dari sepak bola,” kata Ronaldo kepada Sport Bible.

“Setelahnya, saya ingin menantang diri sendiri. Misalnya dengan berakting dalam film. Saya berharap hidup lebih dari 50 tahun untuk mempelajari hal-hal baru dan menghadapi tantangan berbeda serta mencoba mencari solusi untuk itu,” tuturnya.

Pertanyaannya, siapkah pecinta sepak bola untuk berhenti melihat aksi memukau Messi dan Ronaldo yang selalu memanjakan mata? Banyak pihak menggadang-gadang penyerang Atletico Madrid Joao Felix dan winger Paris Saint-Germain Kylian Mbappe bakal jadi sosok pengganti yang pas jika La Pulga dan CR7 pensiun.


Editor : Haryo Jati Waseso