Mantan Bintang Everton Li Tie Resmi Latih Timnas China

Haryo Jati Waseso ยท Kamis, 02 Januari 2020 - 22:00 WIB
Mantan Bintang Everton Li Tie Resmi Latih Timnas China

Li Tie ditunjuk secara resmi menjadi pelatih Timnas China. (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Timnas China akhirnya telah menentukan pelatih resmi untuk menggantikan Marcello Lippi yang mengundurkan diri pada November lalu. Adalah mantan bintang Everton Li Tie, yang ditunjuk untuk menangani Team Dragon, Kamis (2/1/2019) waktu setempat.

Li Tie sendiri bukan muka baru di jajaran staf pelatih Timnas China. Pria berusia 42 tahun itu sebelumnya merupakan caretacker tim, ketika Lippi memutuskan hengkang.

Li juga merupakan mantan asisten Lippi saat menangani Guangzhou Evergrande ketika meraih juara Liga Super China dan Liga Champions Asia pada 2013. Dia juga sempat menjadi asisten pembesut asal Italia tersebut pada periode pertamanya menangani Timnas China, 2016 lalu.

“Dalam rangka mempersiapkan Timnas (China) untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Federasi Sepak Bola China (CFA) telah merekrut pelatih baru. Berdasarkan pemeriksaan dan rekomendasi dari penasihat teknis, CFA menunjuk Li Tie sebagai pelatih Timnas China,” bunyi pernyataan CFA dikutip laman resmi FIFA.

Setelah berpisah dari Lippi pada 2016, Li menangani klub Wuhan Zall pada 2017. Dia sukses membawa klub itu promosi ke Liga Super China setelah promosi dari League One China.

Meski belum pernah menangani klub besar China, Li merupakan salah satu pesepak bola negeri Tirai Bambu yang sukses bermain di Eropa. Dia merupakan andalan David Moyes di lini tengah ketika masih berlaga di Premier League bersama Everton pada musim 2002/2003.

Padahal kala itu dia berstatus pinjaman dari Liaoning FC. Klub berjulukan The Toffees itu kemudian mengakhiri musim di posisi ketujuh. Sayang, cedera menerpanya di musim-musim berikutnya, meski dirinya dipermanenkan Evetron.

Li pun kemudian hengkang ke Sheffield United dan pulang ke China pada 2008 untuk membela Chengdu Blade, sebelum akhirnya pensiun di Liaoning Whowin. Selain di Wuhan Zall, pria yang semasa bermain berposisi sebagai gelandang bertahan itu juga sempat menangani Hebei CFFC.


Editor : Haryo Jati Waseso