Mengaku Lebih Hebat dari Messi dan Ronaldo, Siapa Sebenarnya Edilson?

Arif Budiwinarto · Sabtu, 16 Mei 2020 - 14:45 WIB
Mengaku Lebih Hebat dari Messi dan Ronaldo, Siapa Sebenarnya Edilson?

Mantan pemain timnas Brasil, Edilson (foto: The Sun)

JAKARTA, iNews.id - Saat banyak orang membandingkan siapa yang lebih baik antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Edilson punya pendapat berbeda. Dia menyebut dirinya lebih baik dari kedua pemain tersebut.

Saat ini ada tiga pemain yang dianggap sebagai pesepakbola terbaik dunia yakni Messi, Ronaldo dan Neymar. Nama mereka kerap menghiasi nominasi penghargaan pemain terbaik dunia dalam beberapa tahun terakhir.

Messi dan Neymar pernah sukses besar saat masih main bareng di Barcelona, kedunya meraih treble winners pada 2014/2015 dengan menjuarai La Liga, Copa del Rey serta Liga Champions Eropa.

Setelah berpisah pada 2017, Messi dan Neymar jadi andalan klubnya masing-masing. La Pulga jadi mesin gol Barca di musim-musim berikutnya termasuk 24 gol di musim ini, sedangkan Neymar mengantarkan Paris Saint Germain (PSG) juara Ligue 1 Prancis 2019/2020.

Sedangkan Ronaldo merupakan sosok yang kerap dibandingkan dengan Messi baik raihan penghargaan individu maupun kolektif. Di level klub, gol Ronaldo sudah mencapai 626, soal trofi dia pernah menjuarai kompetisi domestik di tiga liga berbeda; Inggris, Spanyol dan Italia.

Lalu, di level tim nasional Ronaldo pernah mengantarkan Portugal meraih trofi Piala Eropa 2016 serta juara UEFA Nations League 2018/2019.

Namun, fakta-fakta tersebut tak cukup bagi Edilson untuk mengakui kualitas mereka. Malahan dia mengklaim punya kemampuan lebih baik dari ketiganya saat masih jadi pemain.

"Dalam karier terbaik saya, saya bermain lebih baik dari Neymar. Messi untuk menyamai saya, dia harus memenangkan Piala Dunia," kata Edilson dikutip dari ESPN.

Pernyataan Edilson soal siapa terbaik antara Ronaldo, Messi, dan Neymar (foto: Twitter)
Pernyataan Edilson soal siapa terbaik antara Ronaldo, Messi, dan Neymar (foto: Twitter)

"Cristiano Ronaldo cuma mengandalkan kekuatan, dia punya akurasi sepakan yang bagus dengan kedua kakinya, tetapi saya punya skil lebih bagus darinya," ucapnya.

Lalu, siapakah sebenarnya Edilson? Saat masih aktif bermain, dia tak pernah sekalipun menyicipi kompetisi di Eropa. Dia tercatat sempat memperkuat klub-klub Amerika Latin seperti Palmeiras, Corinthians, Flamengo, Cruzeiro serta klub Asia yakni Al Ain. Di klub-klub tersebut, Edilson mampu meraih gelar juara setidaknya sekali di level domestik.

Edilson yang pensiun pada 2010 di usia 39 tahun pernah masuk di skuad Timnas Brasil dalam rentang 1993-2002. Prestasi terbaiknya adalah meraih trofi Piala Dunia 2002, di ajang itu dia dua kali jadi starter serta dua kali jadi pemain pengganti.

Sedangkan pencapaian individunya adalah peraih trofi topskorer Piala Dunia Antarklub 2000, serta dianugerahi trofi Pemain Terbaik Brasil pada 1998 dan penyerang terbaik Liga Brasil pada 2001.

Nah, bagaimana menurut Anda?

Editor : Arif Budiwinarto