Mengapa Piala AFF Begitu Penting Bagi Negara-negara di Asia Tenggara? Suporter Timnas Indonesia Wajib Paham

Rilo Pambudi ยท Kamis, 04 Agustus 2022 - 15:05:00 WIB
Mengapa Piala AFF Begitu Penting Bagi Negara-negara di Asia Tenggara? Suporter Timnas Indonesia Wajib Paham
Mengapa Piala AFF begitu penting bagi negara-negara di Asia Tenggara? (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Mengapa Piala AFF begitu penting bagi negara-negara di Asia Tenggara? Pertanyaan itu belakangan ini mungkin sering terlintas seiring panasnya rumor Indonesia ingin keluar dari AFF.

Sebagaimana diketahui, Timnas ramai mendapat desakan untuk keluar dari AFF. Timnas dalam hal ini PSSI didesak oleh pencinta sepak bola Tanah Air untuk hengkang dari AFF setelah gelaran Piala AFF U-19 2022 yang dianggap mengecewakan.

Desakan untuk mundur dari AFF semakin santer lantaran kompetisi yang diadakan federasi sepakbola Asia Tenggara itu dinilai tidak sehat. Setelah Indonesia gugur di fase grup, muncul dugaan praktik sepak bola gajah di Piala AFF U-19 2022.

Tak hanya didesak keluar AFF, Timnas Indonesia bahkan santer diharapkan pindah saja ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF). Kendati demikian, niatan tersebut pada dasarnya tidak mudah untuk diwujudkan.

Terlebih, Indonesia sebenarnya memiliki catatan buruk lantaran sama sekali belum pernah juara di tingkat Asia Tenggara tersebut. Meski dinilai merugikan hingga dianggap sebagai ajang tidak resmi FIFA, AFF sebenarnya cukup penting untuk negara-negara ASEAN.

Lantas sepenting apa AFF untuk negara Asia Tenggara termasuk Indonesia? Berikut iNews.id ulas analisisnya yang dilansir pada Senin (3/8/2022).

1. AFF Penting untuk Menarik Minat Warga ASEAN pada Sepak bola

Piala AFF sebenarnya tidak masuk agenda resmi FIFA selaku Asosiasi Sepak Bola Dunia. AFF tak lain hanya sebatas cabang dari AFC (konfederasi Asia) yang dibentuk atas kesepakatan negara-negara Asia Tenggara saja.

Meski tidak di bawah naungan FIFA, Piala AFF sebenarnya memiliki tujuan mulia yakni agar menarik minat masyarakat ASEAN pada dunia sepak bola. Dengan diadakannya AFF, nyatanya minat warga ASEAN pada sepak bola semakin tumbuh.

Hal itu tak lain karena AFF memiliki gengsi tersendiri di antara negara-negara ASEAN. Diakui atau tidak, kualitas sepak bola Asia Tenggara dengan kawasan Asia yang lain bisa dibilang tertinggal. Maka agar animo masyarakat ASEAN terhadap sepak bola semakin tinggi dan kualitasnya meningkat, dibentuklah turnamen AFF untuk memacu kualitas negara-negara ASEAN dan minat warganya terhadap sepak bola.

2. Bisa Jadi Ajang Unjuk Gigi Pemain Asia Tenggara

Kompetisi yang digelar sejak tahun 1996 ini penting untuk menjadi ajang unjuk gigi para pemain di level Asia Tenggara. Pasalnya, talenta dari Asia Tenggara memang kurang menonjol di kancah Piala Asia atau AFC. 

Diakui atau tidak, pamor pemain Asia Tenggara masih kalah dengan pemain-pemain asal Jepang, Korea Selatan, Iran, bahkan Australia. Dengan AFF, para pemain sebenarnya tidak akan kesulitan untuk unjuk gigi dan mudah dilirik oleh dunia Internasional.

Sebagai contoh, sebut saja pemain Thailand, Kiatisuk Senamuang yang menjadi buah bibir usai memenangi Piala AFF perdana tahun 1996.

Senamuang dikabarkan dilirik klub Inggris, Huddersfield Town setelah bakatnya terlihat. Selain itu, Thailand juga masih punya nama-nama pemain yang melejit di Piala AFF. Misalnya, ada Chanathip Songkrasin yang akhirnya bermain di Jepang.

Di Indonesia, ada nama-nama seperti Egy Maulana Vikri yang merumput di FK Senica dan sebelumnya di Lechia Gdansk. Witan Sulaeman juga bergabung ke Lechia Gdansk. Lalu Asnawi Mangkualam yang terbang ke Korea untuk merumput bersama Ansan Greeners, Saddil Ramdani, Andik Vermansyah, dan masih banyak lagi pemain lainnya yang dilirik setelah penampilannya di Piala AFF. 

3. Ajang Gengsi Antar Negara Asia Tenggara 

Piala AFF bisa dibilang jadi kompetisi paling kompetitif bagi negara-negara ASEAN. Oleh sebab itu, Piala AFF berhasil menarik atensi, bahkan sejak masih bernama Piala Tiger.

Terlebih, masing-masing negara memiliki gengsinya tersendiri agar menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Thailand dan Vietnam adalah dua negara terkuat di Asia Tenggara. Meski keduanya loyo saat tiba di AFC, Thailand dan Vietnam menunjukkan pamornya di level AFF. Thailand bahkan lebih superior dengan 6 kali juara. Selain Vietnam yang dua kali juara, Singapura bahkan diam-diam telah 4 kali memenangkan ajang tersebut.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda