Mengenal Barcagate, Kasus yang Bikin Bartomeu Ditangkap Polisi

Rivan Nasri Rachman ยท Selasa, 02 Maret 2021 - 08:23:00 WIB
Mengenal Barcagate, Kasus yang Bikin Bartomeu Ditangkap Polisi
Mantan Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu (Foto: Twitter @FCB)

BARCELONA, iNews.id – Kubu internal Barcelona sedang goyang akibat kasus Barcagate. Kasus tersebut membuat Mantan Presiden Blaugrana Josep Maria Bartomeu ditangkap polisi.

Bartomeu dan tiga pejabat Barcelona lainnya ditangkap polisi karena diduga terlibat kasus Barcagate. Tiga orang yang dimaksud adalah CEO Oscar Grau, kepala bagian hukum Roman Gomez Ponti, hingga Jaume Masferrer, yang merupakan penasihat Bartomeu.

Lantas apa itu Barcagate dan bagaimana mana kronologi awalnya?

Barcagate merupakan istilah yang diberikan media Catalunya terkait skandal besar yang dimulai sejak 2020. Barcelona era Bartomeu diduga menggunakan jasa konsultan media bernama I3 Ventures untuk menggunakan jejaring soial guna menyerang pemain ketika klub bermain buruk, atau dalam masa-masa sulit.

Dengan kata lain Barcelona menyewa Buzzer untuk menyerang pemain, menyebar propaganda, seolah-olah membenarkan setiap keputusan klub. Lionel Messi, Gerard Pique dan Pep Guardiola kerap menjadi korban.

Kabar ini pertama kali disampaikan salah satu stasion radio terbesar Spanyol, Cadena SER. Buktinya cukup kuat, ada dokumen setebal 36 halaman yang menjelaskan keterlibatan Barcelona dengan I3 Ventures.

Selain menyerang pemain, I3 Ventures juga memoles citra Bartomeu di depan publik. Barcelona melakukan pembayaran kepada I3 Ventures secara bertahap yang selalu di bawah bawah 200.000 euro. Hal tersebut dilakukan supaya pengeluaran dana tidak perlu mendapatkan izin dari dewan pengurus.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2