Menolak Tua, Ini Rahasia Cristiano Ronaldo Tetap Muda di Usia 34 Tahun

Abdul Haris · Selasa, 29 Oktober 2019 - 21:25 WIB
Menolak Tua, Ini Rahasia Cristiano Ronaldo Tetap Muda di Usia 34 Tahun

Cristiano Ronaldo (Foto: Stadium Astro)

TURIN, iNews.id Cristiano Ronaldo membongkar rahasianya untuk tetap merasa muda di usia 34 tahun. Menurutnya, semua pencapaiannya ini digapainya dengan kerja keras, dan tak mungkin hanya mengandalkan bakat semata.

Megabintang berjuluk CR7 itu memasuki musim keduanya bersama Juventus. Musim ini, dia mengemas empat gol di Serie A. Meski usianya terbilang senja untuk ukuran seorang pesepak bola profesional, dia mengaku tetap tak pernah berpuas diri dengan semua prestasinya.

“Tujuan saya adalah untuk tetap muda seiring bertambahnya usia, untuk tetap kompetitif,” kata Ronaldo kepada France Football.

“Berapa banyak pemain di usia saya bisa menemukan diri mereka di tempat seperti saya, dalam skuat seperti Juventus?” ujarnya.

Ronaldo sadar betul untuk tetap bertahan dalam level elite sepak bola, setiap pemain harus terus berada dalam performa terbaiknya.

“Pada usia 19 hingga 20 tahun, saya mengerti bahwa sepak bola adalah masalah jumlah, gelar, rekor, dan gol,” ucapnya.

Meski telah meninggalkan Spanyol, kapten Timnas Portugal itu tetap terus dibandingkan dengan ikon Barcelona Lionel Messi. Namun, menurutnya perbandingannya dengan superstar Argentina itu menjadi pelecutnya untuk terus dalam level tertinggi.

Head to head dengan Messi di Spanyol memungkinkan kami menjadi lebih besar, lebih efektif,” Ronaldo menjelaskan.

“Di Real Madrid saya merasakan kehadirannya lebih dari yang saya lakukan di Manchester United. Jadi situasi itu memberi saya lebih banyak tekanan. Dari satu sudut pandang, itu adalah persaingan sehat,” tuturnya.

Menurut Ronaldo, kerja keras mutlak harus dilakukan seseorang untuk menjadi pesepak bola yang hebat.  

“Bahan yang tepat untuk menjadi pemain sepak bola hebat yang pertama adalah bakat. Tanpa itu, Anda tidak bisa berbuat banyak,” kata Ronaldo.

“Kemudian, talenta tidak berguna tanpa kerja keras. Tidak ada yang jatuh dari langit. Saya tidak akan pernah tiba di tempat saya tanpa kerja keras, ” ucap pemain terbaik dunia lima kali itu.


Editor : Abdul Haris