Menpora Jamin Izin untuk Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Segera Terbit

Susanto ยท Minggu, 30 Mei 2021 - 11:00:00 WIB
Menpora Jamin Izin untuk Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Segera Terbit
Menpora Zainudin Amali. (Foto: SINDONews/Susanto)

JAKARTA, iNews.id- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menjamin izin kompetisi sepak bola nasional Liga 1 dan Liga 2 akan segera terbit. Kemenpora akan berkoordinasi langsung dengan kepolisian.

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali saat hadir dalam Kongres Biasa PSSI di Hotel Raffles Jakarta, Sabtu (29/5/2021). 

Seperti diketahui, sejumlah pihak berperan dalam rencana bergulirnya kompetisi ini di antaranya Kemenpora, Kemenkes, BNPB, Satgas Covid-19, dan Polri. Izin dari kepolisian ini menjadi sangat penting. Sebab, jika izin tersebut tidak turun, maka tidak akan ada kompetisi sepak bola. 

“InsyaAllah, saya menjamin izin itu akan keluar. Kita menunggu Kapolri (Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo), dan saya akan koordinasi (lebih lanjut). Siapkan saja masing-masing timnya,” kata Menpora dikutip laman resmi Kemenpora.

Zainudin Amali mengatakan Kemenpora telah menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait beberapa hari lalu. Masing-masing pihak menyampaikan pandangan terkait keberlangsungan kompetisi. 

“Beberapa hari lalu kita rakor ya. Memang harus ada rekomendasi. Jadi, masing-masing peserta rakor memberikan paparannya terkait pelaksanaannya. Mohon pengertian dan dimaklumi, ini lah situasi yang dihadapi,” katanya. 

Lebih lanjut, Menpora Amali menyebut kunci untuk dikeluarkannya izin kompetisi, yaitu Piala Menpora 2021. Setelah bergulir sekitar sebulan, akhirnya turnamen pramusin itu berlangsung lancar dan sukses. 

“Nah, pelaksanaan kompetisi berbeda dengan turnamen biasa. Kita harus persiapkan betul. Dari kompetisi itu diharap akan lahir pemain berkualitas yang ujungnya bagian dari timnas kita. Tentu atmosfer turnamen dan kompetisi berbeda,” tuturnya.

Di samping itu, Menpora Amali juga mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan. “Untuk nanti Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 kita tidak boleh kendur sedikit pun. Semoga semuanya terjaga,” kata Menpora Amali.

Editor : Ibnu Hariyanto