Menpora Malaysia Syed Saddiq Kirimkan Surat Permintaan Maaf atas Pengeroyokan Suporter Indonesia

Haryo Jati Waseso ยท Minggu, 15 Desember 2019 - 14:29 WIB
Menpora Malaysia Syed Saddiq Kirimkan Surat Permintaan Maaf atas Pengeroyokan Suporter Indonesia

Menpora Malaysia Syed Saddiq. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia Syed Saddiq dikabarkan telah mengirimkan surat permintaan maaf secara resmi kepada pemerintah Indonesia, terkait pengeroyokan suporter yang terjadi November lalu.

Pada rilis yang diterima iNews.id, Minggu (15/11/2019), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengungkapkan telah menerima surat tersebut. Surat itu menjadi balasan dari nota keberatan yang sebelumnya dikirimkan Pemerintah Indonesia.

Alhamdulillah, Menteri Belia dan Sukan Malaysia Syed Saddiq Bin Syed Abdul Rahman secara resmi telah mengirimkan surat kepada Pemerintah Indonesia (dalam hal ini Kemenpora),” bunyi pernyataan di rilis tersebut

“Surat tersebut merujuk atas surat yang dikirimkan oleh Kemenpora dengan No. 11.22.12/SET/XI/2019 tertanggal 22 November 2019 dan  langsung ditandatangani oleh Menteri Belia dan Sukan Malaysia, yang pada intinya menyampaikan permohonan maaf atas kejadian yang telah menimpa suporter Indonesia,” tuturnya.

Kemenpora juga mengungkapkan Pemerintah Malaysia telah meminta pihak kepolisian untuk menginvestigasi kasus ini dan akan memberikan hukuman kepada para pelaku.

“Dalam surat tersebut juga disebutkan, bahwa Pemerintah Malaysia telah menyampaikan laporan kejadian yang telah menimpa warga negara Indonesia (jauh di luar Stadion Bukit Jalil tersebut) kepada pihak Kepolisian Malaysia,” katanya.

“Dan kepada pihak Kepolisian Malaysia diminta dengan segera mengusut secara tuntas masalah tersebut dengan meminta korban dari warga negara Indonesia untuk berkenan memberikan keterangan kesaksian, sehingga terduga pelakunya dapat segera diproses secara hukum tanpa pandang bulu,” ujarnya.

Sebelumnya, viral video berdurasi 44 detik ketika seorang pria yang dikabarkan pendukung Timnas Indonesia dipukuli oleh sekumpulan orang hingga berdarah-darah. Video itu tersebar setelah Timnas Indonesia kalah dari Malaysia 0-2 di Bukit Jalil, Selasa (19/11/2019), pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Insiden ini berbuntut panjang setelah Syed Saddiq mengatakan pengeroyokan itu hoaks, meski sebelumnya dia sempat mengatakan bakal melakukan investigasi lebih lanjut. Tetapi korban pengeroyokan yang benama Yovan angkat suara dan mengatakan pengeroyokan itu benar-benar terjadi.

Karena pernyataan kontroversial tersebut, Pemerintah Indonesia kemudian mengirimkan nota keberatan dan meminta Syed Saddiq meminta maaf secara resmi atas insiden itu.


Editor : Haryo Jati Waseso