Meski Timnas Tetap di AFF, Ini Negara Besar yang Akan Bertemu Indonesia jika Seandainya Gabung di Piala EAFF: Bisa Jadi Rival

Rilo Pambudi ยท Sabtu, 13 Agustus 2022 - 18:44:00 WIB
Meski Timnas Tetap di AFF, Ini Negara Besar yang Akan Bertemu Indonesia jika Seandainya Gabung di Piala EAFF: Bisa Jadi Rival
Rencana Indonesia untuk keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) dan bergabung dengan Konfederasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).Timnas Indonesia U-16. (Foto: Instagram/@pssi)

JAKARTA, iNews.id - Rencana Indonesia untuk keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) dan bergabung dengan Konfederasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) sudah dipastikan gugur. Namun jika seandainya itu bisa terwujud, ini negara besar yang akan bertemu Indonesia di kompetisi Asia Timur.

Untuk ditegaskan kembali, Timnas Indonesia saat ini sudah dipastikan tetap bertahan di AFF. Hal itu telah dipastikan langsung oleh Ketua Umum Federasi Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Meski polemik dugaan sepak bola gajah yang terjadi di Piala AFF U-19 2022 telah berakhir, isu panas tentang rencana Timnas untuk gabung ke EAFF memang sempat ramai. Untuk itu, berikut ini adalah negara-negara EAFF yang berpotensi menjadi rival Indonesia di Asia Timur.

1. Korea Selatan

Korea Selatan (Korsel) adalah tim tersukses di ajang EAFF Football Championship. Secara ranking FIFA, Korsel memang berada di urutan 28 dan masih di bawah Jepang. Namun dari 8 edisi yang sudah dimainkan EAFF, Timnas Korsel sanggup 5 kali keluar sebagai juara (2003, 2008, 2015, 2017, 2019).

Kualitas sepakbola Korsel memang sudah tak diragukan lagi. Terlebih, telah banyak pemain yang bersinar di sepakbola Eropa. Dengan begitu, Timnas Indonesia bisa menjadikan Korsel sebagai rival baru yang kuat jika seandainya PSSI kemarin bisa gabung dengan EAFF.

2. Jepang

Jepang adalah negara dengan tim terbaik secara peringkat FIFA terbaik di EAFF. Ranking Timnas Jepang adalah 24 dan merupakan tim dari Asia yang bisa dikatakan langganan masuk ke Piala Dunia.

Andai Indonesia bisa berkesempatan berkompetisi melawan Jepang di EAFF, maka kualitas Timnas Indonesia mungkin dapat terus berkembang. Meski begitu, jepang sejatinya hanya pernah menang satu kali di EAFF Football Championship, yakni pada edisi 2013.

3. China

Timnas China adalah salah satu tiga tim besar di EAFF. Hal itu dibuktikan dengan dua kali juara EAFF, yakni pada edisi 2005 dan 2010.

Secara peringkat FIFA, China menempati posisi 78 dunia. China menjadi tim terbaik ketiga di EAFF. Bila melihat secara peringkat, maka China bisa dikatakan jauh lebih kuat ketimbang Timnas Indonesia dan akan menjadi lawan yang membuat permainan berkembang.

4. Korea Utara

Siapa sangka, Timnas Korea Utara (Korut) sudah empat kali melaju sampai ke semifinal EAFF Football Championship. Hal ini membuktikan bahwa Timnas Korut cukup kuat dan mampu bersaing untuk memperebutkan gelar juara.

Timnas Korut yang terus berkembang dan kini berada di peringkat 112 FIFA, jelas bisa menjadi salah satu rival skuad Garuda jika seandainya beberapa waktu lalu benar-benar bergabung dengan EAFF. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda