Michael Essien Ungkap Penyebab Dirinya Tak Jadi Gabung Manchester United

Arif Budiwinarto · Sabtu, 23 Mei 2020 - 10:15 WIB
Michael Essien Ungkap Penyebab Dirinya Tak Jadi Gabung Manchester United

Michael Essien saat masih berseragam Chelsea (foto: 90min)

JAKARTA, iNews.id - Michael Essien pernah tertarik bermain bagi Manchester United. Namun, dia mengurungkan keinginannya tersebut setelah mendapat telepon dari Jose Mourinho.

Essien memulai karier sepak bola profesional bersama klub Ligue 1 Prancis, Olympique Lyonnais, pada 2003. Bersama Lyon, dia sukses meraih dua gelar juara liga berturut-turut di musim 2003/2004 dan 2004/2005.

Penampilan cemerlang Essien bersama Lyon membuatnya jadi incaran banyak klub Eropa. Pemain berjuluk Si Bison punya keberanian duel satu lawan satu dengan pemain lawan, daya jelajah tinggi, serta terkadang menjadi pembeda hasil akhir.

Essien mengaku saat itu Manchester United dan Chelsea menyatakan keseriusan merekrutnya. Awalnya, pemain asal Ghana itu tertarik bermain di MU yang kala itu masih dilatih oleh pelatih kenamaan Sir Alex Ferguson.

Namun, telepon Drogba mengubah pikirannya. Essien lalu memutuskan menerima tawaran Chelsea. Dia bergabung dengan skuad The Blues yang tengah membangun kekuatan baru dibawah asuhan Jose Mourinho.

"Itu bukan keputusan mudah, tapi saya ingat pertama kali berbicara dengan Jose (Mourinho). Saat itu saya berada rumah Florent Malouda untuk pesta barbekyu dan kemudian Drogba menelpon dia (Jose Mourinho). Saat itu Jose mengatakan kepada Drogba 'Kalau ketemu Michael (Essien) kapanpun, katakan padanya Jose menginginkan nomornya (telepon)," kata Essien.

"Tapi kemudian Drogba bilang 'Tidak, Michael ada di sini, kami sedang pesta berbekyu. Lalu dia memberikan teleponnya ke saya dan saya mulai bicara dengan Drogba, dari sanalah kami mulai."

"Saya memberikan nomor telepon kepadanya dan dia menyerahkannya ke Jose (Mourinho), saat itulah semuanya dimulai. Itu saga transfer yang berat," ujarnya.

Keputusan Essien gabung ke Chelsea tak salah, selama delapan musim (2005-2014) dia meraih titel juara Premier League (2), Piala FA (4), Piala Liga Inggris, Community Shield, dan Liga Champions Eropa.

Editor : Arif Budiwinarto