Mirisnya Generasi Emas Belgia, Pernah Ranking 1 FIFA tapi Tak Pernah Juara Piala Dunia

Andhika Khoirul Huda ยท Jumat, 02 Desember 2022 - 13:30:00 WIB
Mirisnya Generasi Emas Belgia, Pernah Ranking 1 FIFA tapi Tak Pernah Juara Piala Dunia
Youri Tielemans, Thibaut Courtois dan Eden Hazard adalah contoh pilar Timnas Belgia yang dicap sebagai pemain berkualitas. Sayangnya mereka tak pernah membawa Belgia juara Piala Dunia. (Foto: Twitter/@NaijaMadrid)

AL RAYYAN, iNews.id – Terdapat fakta menyedihkan mengenai generasi emas Belgia yang baru saja tersingkir dari Piala Dunia 2022. Meski memiliki skuad berkualitas dan pernah menempati ranking 1 FIFA, mereka tak pernah menjuarai ajang Piala Dunia.

Belgia diperkuat banyak pemain top yang membela klub-klub raksasa Eropa di Piala Dunia 2022. Sebut saja Thibaut Courtois yang mengisi posisi penjaga gawang tim berjulukan The Red Devils itu

Kemudian, di lini belakang ada nama-nama tangguh seperti Vincent Kompany, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld hingga Thomas Meunier. Di lini tengah ke depan lebih mewah lagi karena terdapat Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Axel Witsel, Radja Nainggolan, Yannick Carrasco, Mousa Dembele. Dries Mertens, Marouane Fellaini, Romelu Lukaku dan masih banyak pemain lain yang tak bisa disebutkan semuanya.

Kapten Timnas Belgia, Kevin De Bruyne tampak kecewa usai timnya gagal lolos 16 besar Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS)
Kapten Timnas Belgia, Kevin De Bruyne tampak kecewa usai timnya gagal lolos 16 besar Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS)

Sayangnya, saat pemain-pemain itu berada dalam usia emas di bawah kepemimpinan sang pelatih, Roberto Martinez,  sejak 2016 lalu, mereka gagal menyabet trofi apapun dalam turnamen-turnamen besar. Padahal, mereka sempat konsisten berada di peringkat satu dunia FIFA selama empat tahun berturut-turut. Tercatat Belgia pernah menduduki singgasana tabel teratas ranking FIFA pada dua periode, yakni November 2015-Maret 2016 dan September 2018-Maret 2022.

Yang terbaru, Kevin De Bruyne dkk gagal melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah tersingkir di fase grup. Pasalnya, mereka hanya mampu berada di posisi tiga dengan koleksi empat poin dari tiga laga di Grup F.

Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda