Peringati Hari Kemerdekaan, Timnas U-16 Diminta Tiru Perjuangan Para Pahlawan

Abdul Haris ยท Senin, 17 Agustus 2020 - 18:04 WIB
Peringati Hari Kemerdekaan, Timnas U-16 Diminta Tiru Perjuangan Para Pahlawan

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti menjadi pembina upacara hari kemerdekaan RI ke-75 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (17/8/2020). (Foto: PSSI)

BEKASI, iNews.id – Ada yang berbeda dari latihan Timnas Indonesia U-16, Senin (17/8/2020). Lanjutan training camp (TC) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, hari ini diawali dengan upacara bendera merayakan hari kemerdekaan Indonesia ke-75.

“Sesuai dengan arahan Ketua Umum PSSI, Bapak Mochamad Iriawan, kami dari Timnas U-16, hari ini mengadakan upacara bendera. Tujuannya agar dapat menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air Indonesia, sejak usia dini,” kata Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti di situs resmi PSSI.

Bima bertindak sebagai pembina upacara. Dia memberikan pidatonya dengan maksud mencoba menularkan nilai perjuangan kepada para pemainnya.

“Saya katakan tadi ke pemain, kita harus mencontoh perjuangan para pejuang untuk merebut kemerdekaan. Pemain kini berjuang dengan cucuran keringat dan usaha, berbeda dengan para pejuang, yang harus mencurahkan keringat, darah bahkan berujung kematian,” ujar Bima.

“Semua dilakukan tanpa kenal lelah, demi Indonesia. Semangat pantang menyerah dari para pejuang itu yang harus di contoh dan tertanam di dalam jiwa dan raga para pemain,” katanya.

Tuntas upacara, tim Garuda Asia kembali melahap menu latihan yang disajikan tim pelatih. Mereka dengan penuh semangat menjalani latihan fisik, taktik, dan teknik permainan.

“Latihan hari ini, kita banyak pengulangan kembali tentang filosofi permainan kami, termasuk Filanesia di dalamnya. Karena itu dasar dan model permainan kita, nanti bagaimana taktik, strategi, build up dari bawah, secara konstruktif kemudian progresif, serta yang paling penting, pemain semua harus agresif,” ucap Bima.

“Yang perlu ditekankan kembali adalah bagaimana mereka bisa menerapkan transisi baik dari bertahan ke menyerang, begitu pula sebaliknya. Itu sangat penting. Karena kita pemain kecil-kecil dan cepat-cepat, kita harus mengantisipasi agar kita tidak terkena serangan balik lawan,” Bima menjelaskan.

Latihan ini merupakan bagian evaluasi tim usai menang 2-0 atas SSB POR Uni Bandung pada uji coba beberapa hari lalu. Bima melihat, pada uji coba itu masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dituntaskan.

“Transisi dari menyerang ke bertahan secara cepat, belum saya lihat, dan itu menjadi catatan saya untuk dievaluasi dan perbaiki agar bisa lebih kita tingkatkan lagi. Harapannya juga supaya pemain bisa lebih banyak mengerti,” tutur Bima.

TC ini merupakan persiapan Timnas U-16 untuk melakoni Piala Asia U-16 2020 yang akan dimulai pada 25 November hingga 12 Desember di Bahrain. Tim Garuda Asia ada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China.

Empat tim yang lolos ke semifinal akan lolos ke Piala Dunia U-17 2021 mendatang di Peru. Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi dua tahunan tersebut.

Editor : Abdul Haris