Persiba Balikpapan Vs Kalteng Putra Jadi Laga Pembuka Liga 2 2020

Abdul Haris ยท Sabtu, 07 Maret 2020 - 12:15:00 WIB
Persiba Balikpapan Vs Kalteng Putra Jadi Laga Pembuka Liga 2 2020
Liga 2 akan segera bergulir pertengahan bulan ini. (Foto: Liga 2)

JAKARTA, iNews.id Liga 2 2020 akan segera bergulir pertengahan bulan ini. PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan laga Persiba Balikpapan menjamu Kalteng Putra di Stadion Batakan, Balikpapan, menjadi laga pembuka kompetisi kasta kedua Tanah Air itu. Laga itu akan digelar pada 14 Maret mendatang.

Keputusan tersebut dicetuskan pada Manager Meeting Liga 2 2020 di Jakarta, Jumat (6/3/2020) kemarin. Menurut Direktur Utama PT LIB Cucu Somantri, Balikpapan dipilih karena kota tersebut merupakan calon Ibu Kota baru.

"Pembukaan Liga 1 kemarin di Jawa, nah sekarang Liga 2 di luar Jawa. Sudah ada beberapa permintaan namun kami putuskan di Kalimantan karena sebagai calon wilayah Ibu Kota baru," tutur Cucu Somantri dikutip Media LIB.

Sebanyak 24 kontestan bakal bertarung pada Liga 2 musim ini yang akan dibagi dalam dua grup Barat dan Timur. Terdapat enam klub promosi dari Liga 3, yakni PSKC Cimahi, Persijap Jepara, Persekat Tegal, AA Tiga Naga, Putra Sinar Giri dan Persigo Semeru FC.

Ada juga tiga tim yang terdegradasi dari Liga 1 2019, yakni Semen Padang, Badak Lampung FC dan Kalteng Putra..

Sama seperti musim sebelumnya, hanya terdapat tiga tiket promosi yang bakal dipertaruhkan. Namun, musim ini bakal ada perubahan regulasi. Musim ini, tidak akan ada lagi babak 8 besar. Setiap juara Grup Barat dan Timur akan memastikan satu tiket promosi sekaligus melaju ke partai final.

Sementara peringkat kedua di masing-masing grup akan melaju ke babak playoff memperebutkan satu tiket promosi yang tersisa. Dengan format baru ini, kompetisi akan selesai lebih cepat.

Berikut pembagian grup Liga 2 2020:

 

GRUP BARAT

PSMS Medan

PSPS Riau

AA Tiga Naga

Semen Padang

Babel United

Sriwijaya FC

Badak Lampung FC

Cilegon United

Perserang Serang

PSKC Cimahi

Persekat Tegal

PSIM Yogyakarta

 

GRUP TIMUR

PSCS Cilacap

Persijap Jepara

Persis Solo

Persigo Semeru

Putra Sinar Giri

Martapura FC

Kalteng Putra

Persiba Balikpapan

Mitra Kukar

Sulut United

PSBS Biak

Persewar Waropen

Editor : Abdul Haris