PR Jokowi untuk Zainudin, Ukir Prestasi dari Timnas U-16 hingga Senior

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 23 Oktober 2019 - 14:36 WIB
PR Jokowi untuk Zainudin, Ukir Prestasi dari Timnas U-16 hingga Senior

Zainudin Amali (Foto: ANTARA/Wahyu Putro)

JAKARTA, iNews.idMenteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) anyar Zainudin Amali mendapat amanah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membenahi dunia olahraga khususnya sepak bola. Dia diharapkan memberi konsistensi dalam hal prestasi dari Timnas Indonesia U-16 hingga senior.

Melihat statistik, prestasi timnas kelompok umur memang lebih apik ketimbang seniornya. Timnas U-23 garapan Indra Sjafri berhasil menjuarai Piala AFF U-22 yang digelar di Kamboja usai menumbangkan Thailand 2-1 di partai final, Februari lalu.

Kemudian Timnas U-19 asuhan Fakhri Husaini merebut peringkat ketiga Piala AFF U-19, Agustus lalu. Teranyar, Timnas U-16 yang diasuh Bima Sakti lolos ke Piala Asia U-16 dengan menyabet status runner-up terbaik.

Sederet prestasi tersebut bertolak belakang dengan Timnas Indonesia senior. Skuat yang ditukangi Simon McMenemy itu menjadi sorotan karena terseok-seok di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Dari empat laga sejauh ini, Tim Garuda selalu kalah.

Keresahan tersebut dirasakan Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia itu ingin prestasi bisa diukir dari level junior hingga ke jenjang senior. Zainudin yang kini mengembang jabatan Menpora diminta membenahinya sesegera mungkin.

“Presiden sangat beri perhatian dengan sepak bola. Karena Indonesia punya 260 juta jiwa penduduk tapi tidak bisa temukan tim sepak bola yang bagus. Itu yang saya akan bicarakan,” kata Amali.

“Kita usia yang 16-19 bagus. Begitu sampai ke senior selalu drop. Itu bapak presiden selalu menyampaikan coba cari cara bagaimana supaya konsisten dari usia dini sampai senior prestasinya bagus,” ujarnya.

Sebagai langkah awal untuk mewujudkan keinginan Jokowi, politisi Golkar kelahiran Gorontalo itu akan mengundang seluruh stakeholder terkait untuk berdiskusi sebelum mengeluarkan kebijakan.

“Saya akan ngobrol dulu dengan teman teman. Kita akan mengundang semua cabang olahraga termasuk PSSI. Kita akan dengarkan apa yang terjadi di tempat mereka, baru kemudian akan dirumuskan cara tepat untuk menjawab apa yang disampaikan Pak Presiden,” tuturnya.


Editor : Abdul Haris