Liga Spanyol

Prediksi Espanyol Vs Barcelona: Dilarang Takabur di Derbi Katalan

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 04 Januari 2020 - 07:24 WIB
Prediksi Espanyol Vs Barcelona: Dilarang Takabur di Derbi Katalan

Lionel Messi bakal kembali diandalkan Barcelona pada Derbi Katalan kontra Espanyol di RCDE Stadium, Minggu (5/1/2020) dini hari WIB. (Foto: As)

BARCELONA, iNews.id – Barcelona dilarang takabur melawan rival sekota yang kini bertengger di dasar klasemen Espanyol. Duel bertajuk Derbi Katalan itu tersaji pada jornada 19 La Liga di RCDE Stadium, Minggu (5/1/2020) dini hari WIB.

Barcelona saat ini berada di puncak klasemen berbekal 39 poin. Sementara Espanyol bestatus juru kunci mengemas 10 angka. Tim berjuluk Periquitos itu baru menang dua kali dari 18 pertandingan yang sudah digelar di liga.

Lionel Messi dan kawan-kawan tak hanya di atas angin dari segi klasemen. Mereka juga diunggulkan karena punya catatan mentereng yakni tak pernah kalah pada 20 Derbi Katalan terakhir di La Liga. Terakhir kali Blaugrana tumbang Februari 2009 dengan skor 1-2.

Sang juara bertahan juga sudah 99 kali menang lawan Espanyol di La Liga, lebih banyak ketimbang melawan tim lainnya. Meski demikian, Pelatih Barcelona Ernesto Valverde tak mau anak asuhnya sesumbar mengingat lawan pasti bermain mati-matian di laga penuh gengsi sekelas Derbi Katalan.

“Kami tidak boleh melihat apa yang didapat Espanyol belakangan ini. Mereka berada dalam situasi yang sulit. Tetapi ini derbi dan perbedaan poin di klasemen tidak berarti. Pertandingan-pertandingan ini dimainkan dengan hati,” kata Valverde di laman klub.

Sayangnya, Barcelona tidak bisa diperkuat tiga pilarnya pada laga nanti yaitu Arthur Melo dan Ousmane Dembele akibat cedera paha, serta kiper Marc Andre Ter Stegen yang mengalami masalah tendon.

Beruntung, Ansu Fati sudah diberi lampu hijau untuk merumput dini hari nanti. Barcelona juga punya Messi yang siap jadi bintang. Kapten Timnas Argentina itu merupakan top skor  Derbi Katalan dengan 22 gol.

Beralih ke kubu tuan rumah, manajemen Espanyol baru saja menunjuk pelatih anyar Abelardo Fernandez setelah serangkaian hasil buruk yang didapat tim. Ujian perdana si nakhoda anyar terbilang sulit lantaran harus jumpa Barcelona.

Tapi, Abelardo tak asing dengan permainan tiki taka mengingat dirinya juga merupakan bek Blaugrana dari 1994 hingga 2002. Dia juga pernah melawan mantan klubnya itu sebagai pelatih enam kali saat menangani Sporting Gijon dan Levante. Sayang, dari keseluruhan laga, tim asuhannya selalu kalah.

“Sejak hari pertama Espanyol memanggil saya, saya telah menjadi penggemar nomor satu di klub ini. Bagi saya ini merupakan minggu pertama yang fantastis. Saya yakin kami akan bermain dengan sangat baik besok,” ujar Abelardo.

PERKIRAAN PEMAIN 
ESPANYOL (3-1-4-2)
 
Diego Lopez; David Lopez, Calero, Espinosa; Roca; Gomez, Darder, Lozano, Vila; Campuzano, Calleri 
Pelatih: Abelardo Fernandez

BARCELONA (4-3-3) 
Neto; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Busquets, Rakitic, De Jong; Messi, Griezmann, Suarez 
Pelatih: Ernesto Valverde

LIMA PERTEMUAN TERAKHIR
30/03/2019, La Liga, Barcelona 2-0 Espanyol 
09/12/2018, La Liga, Espanyol 0-4 Barcelona 
08/03/2018, Piala Super Katalan, Barcelona (P) 0-0 Espanyol 
04/02/2018, La Liga, Espanyol 0-0 Barcelona 
26/01/2018, Copa del Rey, Barcelona 2-0 Espanyol

Prediksi: 45-55


Editor : Abdul Haris