PSS Sleman dan Semen Padang Lelang Jersey Pemain Bantu Perangi Covid-19

Antara ยท Selasa, 21 April 2020 - 17:00 WIB
PSS Sleman dan Semen Padang Lelang Jersey Pemain Bantu Perangi Covid-19

Jersey pemain PSS Sleman. (FOTO: ANTARA/HO/Media officer PS Sleman)

YOGYAKARTA, iNews.idPSS Sleman dan Semen Padang melelang jersey pemain untuk mengumpulkan dana guna membantu memerangi virus corona (COVID-19).

Media officer PSS, Ardita Nuzulkarnaen, mengatakan kegiatan bertajuk "Lelang Untuk Amal" ini dimulai sejak 7 April dan berakhir pada 20 April 2020.

"Selama kurang lebih dua pekan tersebut, sebanyak 38 jersey berhasil dilelang dan berhasil mengumpulkan dana amal sebesar Rp88.450.000," katanya, Selasa (21/4/2020).

Ardi mengatakan setelah dana terkumpul, seluruhnya akan dikonversikan menjadi kelengkapan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga kesehatan di Derah Istimewa Yogyakarta menangani COVID-19.

"Sebelum lelang berakhir kami sudah memesan 500 baju hazmat, 1.000 'face shield', 500 pasang sarung tangan, dan kelengkapan lainnya seperti masker dan 'hand sanitizer'. Jika nantinya ada dana tersisa, maka akan kami gunakan lagi untuk membeli tambahan APD," tuturnya.

Menurut dia, distribusi APD ke Puskesmas dan RSUD di wilayah DIY akan sesegera mungkin dilakukan setelah seluruh barang yang dipesan selesai diproduksi.

Ardi berharap pendistribusian APD sudah bisa dilakukan pada pekan pertama Ramadhan karena kurang lebih tercatat 40-50 titik puskesmas maupun rumah sakit di seluruh Kabupaten di DIY yang akan menjadi sasaran penyaluran bantuan itu.

"Kami berencana mendistribusikan bantuan ini sesegera mungkin. Tapi semua masih menunggu penyelesaian produksi dulu," ucapnya.

Sementara dari lelang yang telah dilakukan, menurut dia, ada 4 jersey yang terjual dengan harga di atas Rp5.000.000, salah satunya milik Bagus Nirwanto yang terjual di angka Rp5.800.000 dan menjadi nominal penjualan tertinggi.

Hal serupa juga dilakoni Semen Padang FC melalui Kabau Sirah Care menggelar lelang jersey pemain untuk membantu tim medis yang menangani penyebaran COVID-19 di Sumatera Barat.

"Pelelangan dilakukan melalui akun instagram resmi klub @semenpadangfcid, dan sudah dimulai dari Minggu (19/4/2020), dan berakhir pada Selasa hari ini pukul 20.00 WIB," kata CEO Semen Padang FC, Hasfi Rafiq di Padang.

Hasfi menjelaskan, tidak hanya jersey pemain yang saat ini bermain, tetapi juga jersey mantan pemain yang pernah menjadi idola publik saat membela tim Kabau Sirah.

"Salah satunya adalah jersey mantan kapten Hengki Ardiles. Jersey itu memiliki histori tinggi karena dipakai Hengki saat membawa tim dari Liga 2 kembali ke Liga 1 pada 2018," ujarnya.

Dia mengatakan, seluruh hasil lelang akan disumbangkan untuk membantu tim medis yang tengah memerangi COVID-19 di Sumatera Barat.

Lelang ini adalah upaya tim dalam meringankan beban tenaga medis yang berada di garda terdepan melawan pandemi virus corona.

"Pelelangan jersey ini merupakan wujud kepedulian kita terhadap wabah COVID-19 yang mendera saat ini. Khususnya Sumatera Barat yang kita lihat setiap hari semakin memprihatinkan," katanya.

Lelang jersey itu sendiri dibuka pada harga Rp1 juta, dengan kelipatan bid lelang minimal Rp100 ribu. Pemenang lelang ditentukan sesuai dengan penawaran tertinggi pada batas waktu pukul 20.00 WIB dan akan mendapatkan notifikasi pesan langsung dari Semen Padang FC.

Para pemenang diwajibkan melakukan pembayaran lunas 1 x 24 jam dari masa lelang berakhir. Jika tidak melakukan pembayaran lunas, pemenang selanjutnya diberikan kepada penawar tertinggi kedua.

Editor : Abdul Haris