PSSI Targetkan Shin Tae-yong Bawa Timnas Lolos ke 16 Besar Piala Dunia U-20

Abdul Haris ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 12:00 WIB
PSSI Targetkan Shin Tae-yong Bawa Timnas Lolos ke 16 Besar Piala Dunia U-20

Shin Tae-yong mengawasi para pemain seleksi Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (15/1/2020). (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id PSSI menargetkan Shin Tae-yong bisa membawa Timnas Indonesia U-20 melaju minimal ke 16 besar Piala Dunia U-20 2021. Arahan tersebut jadi salah satu pembahasan dalam rapat virtual PSSI dengan manajer pelatih Tim Nasional asal Korea Selatan itu, Kamis (11/6/2020).

Rapat tersebut dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum Iwan Budianto, anggota Komite Eksekutif Endri Erawan, Plt Sekjen Yunus Nusi, Wasekjen Maaike Ira Puspita, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan tokoh sepak bola yang juga Ketua Komite Pemilihan PSSI Syarif Bastaman.

Secara keseluruhan, meeting ini membahas persiapan berbagai Timnas Indonesia yang akan berlaga di ajang internasional. Apalagi tahun depan Indonesia akan berlaga sekaligus menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Dalam pertemuan virtual itu, Iwan Bule –sapaan Iriawan- menginstruksikan Shin segera datang ke Indonesia untuk mempersiapkan tim.

"Kami tadi ingin agar pelatih Shin Tae-yong harus terus berkomunikasi dengan Direktur Teknik PSSI (Indra Sjafri) terkait program Timnas. PSSI juga ingin agar pemusatan latihan Timnas digelar di Indonesia," ujar Iwan Bule, dikutip situs resmi PSSI, Kamis (11/6/2020).

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menegaskan PSSI siap mengemban amanat Presiden Joko Widodo agar Timnas Indonesia bisa mencapai prestasi maksimal pada Piala Dunia U-20 tahun depan.

“Sepak bola adalah cara untuk mengangkat harkat martabat bangsa. Kami siap melaksanakan arahan Presiden Jokowi bahwa prestasi timnas Indonesia harus ‘bunyi’ saat jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan, PSSI ingin Tim Garuda Muda setidaknya lolos dari fase grup pada Piala Dunia U-20 2021. Setelah melewati tahapan itu, timnas diharapkan bisa tembus ke babak delapan besar dan semifinal.

“Tolok ukurnya adalah saat Piala Asia U-19 di Uzbekistan pada Oktober nanti. Timnas harus menunjukkan prestasi maksimal di ajang resmi yang kita jadikan persiapan menuju Piala Dunia itu,” kata Yunus.

Editor : Abdul Haris