Ridwan Kamil: Persib Boleh Segera Bertanding Lagi Tapi Ada Syaratnya

Arif Budiwinarto ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 17:55 WIB
Ridwan Kamil: Persib Boleh Segera Bertanding Lagi Tapi Ada Syaratnya

Skuat Persib Bandung di Liga 1 2020 (Foto: Liga 1)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, mengatakan Persib Bandung bisa menggelar pertandingan dalam waktu dekat. Namun, sebelum itu ada syarat yang terlebih dulu harus dipenuhi.

Jawa Barat, termasuk kota dan kabupaten Bandung, tengah memberlakukan aturan Pembatasa Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus corona.

Sejak diberlakukan pada April lalu, semua aktivitas olahraga serta event yang mengundang keramaian tidak diperbolehkan, termasuk di dalamnya menggelar pertandingan sepak bola.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, memahami kerinduan publik sepak bola Bandung untuk menyaksikan Persib kembali berlaga. Sebab, sudah lebih dari dua bulan skuad Maung Bandung beristirahat karena Liga 1 2020 juga ditangguhkan.

Oleh karena itu, Emil mengajak semua warga Bandung, termasuk Bobotoh agar bersama-sama mematuhi aturan tersebut. Bila nantinya, wilayah Bandung Raya memenuhi nilai indeks status waspada pandemi virus corona terendah, maka bukan tidak mungkin pemerintah memperbolehkan Persib bertanding kembali.

“Sudah rindu nyetadion lagi, kita rindu pertandingan. Sekarang saya kasih kabar baik, itu bisa dilakukan. Kami akan memberikan rapot kewaspadaan kepada daerah-daerah, berdasarkan kota, kabupaten, kelurahan desa,” kata Emil dikutip dari Simamaung.

Pemprov Jawa Barat menetapkan lima level indeks waspada pandemi virus corona. Level merah berada di angka 5 dimana segala bidang tidak boleh ada kegiatan atau diharuskan tutup.

Agar Persib kembali bisa berlaga, status waspada Corona daerah harus berada minimal di level 2. Semua orang berkegiatan namun tetap dengan mematuhi protokol kesehatan.

Saat ini beberapa wilayah Jabar berada di level 4, 3, dan 2, dalam 14 hari kedepan jumlah pasien positif harus ditekan. Caranya yakni dengan mematuhi imbauan pemerintah di atas.

“Kalau mau main bola lagi bisa, nanti selama daerahnya masuk zona hijau. Sekarang rata-rata di level 4, 3, 2, belum ada di level 1. Tren yang bagus ini tidak boleh dirusak oleh pemudik yang OTG (orang tanpa gejala) agar Persib bisa main lagi,” ungkap Emil.

“Selama 14 hari kedepan pasien harus turun, kalau kasus turun bukan tidak mungkin bulan Juli situasi bisa terkendali dan normal, sehingga kegiatan olahraga bisa kembali lagi,” ucapnya.

Editor : Arif Budiwinarto