Rooney Ungkap Penyesalan Terbesar Saat Bela Timnas Inggris

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Senin, 06 April 2020 - 11:20 WIB
Rooney Ungkap Penyesalan Terbesar Saat Bela Timnas Inggris

Mantan striker Manchester United, Wayne Rooney (Foto: Guardian)

DERBYSHIRE, iNews.id - Wayne Rooney mengungkap penyesalan terbesar saat membela Timnas Inggris di Piala Dunia 2006. Rooney mengaku pernah sengaja menginjak kaki lawannya. 

Rooney pernah berseragam timnas Inggris dalam rentang 2003-2018. Pemain yang akrab disapa Wazza tiga kali tampil di Piala Dunia bersama The Three Lions. Salah satu momen di Piala Dunia yang masih membekas dan jadi penyesalannya adalah saat berlaga di Piala Dunia 2006. 

Pada pertandingan perempatfinal Piala Dunia 2006, Inggris kalah dari Portugal lewat adu penalti 1-3 setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal plus extra time. Rooney masih ingat betul apa yang pernah dia lakukan pada bek Portugal, Ricardo Carvalho, di laga tersebut. 

Wasit Horacio Elizondo terpaksa menghadiahi Rooney kartu merah karena sengaja menginjak kaki Carvalho. Dalam wawancara dengan Sky Sports, terungkap mantan pemain Manchester United itu melampiaskan kekesalannya kepada Carvalho karena tidak diberi tendangan bebas. Padahal, dia merasa dilanggar oleh Carvalho. 

“Pertandingan berjalan baik. Kemudian, di awal babak kedua, saya mendapat kartu merah. Hal itu adalah reaksi terhadap wasit Horacio Elizondo yang tidak memberi saya tendangan bebas,” kata Rooney.

“Jelas ada pelanggaran, mantan bek Chelsea, Ricardo Carvalho, menarik dan mendorong saya dan Petit masuk dari sisi lain Elizondo tidak melakukan apa-apa kemudian saya menginjakkan kaki saya kepada Carvalho. Itu adalah salah satu momen ketika Anda tidak berpikir. Saya tahu itu kartu merah dan saya kembali ke ruang ganti,” ujarnya.

Di ruang ganti, Rooney meratapi aksi bodohnya tersebut. Dia menyesalinya karena tindakan tersebut merugikan tim. 

“Saya menonton sisa pertandingan di tv kecil, berpikir, ‘Jika kami memenangkan ini, saya diskors untuk semifinal dan final Piala Dunia dan jika kami kalah itu semua salah saya.’ Itu adalah perasaan terburuk, teraneh yang saya miliki dalam sepak bola,” tutur Rooney.

Editor : Arif Budiwinarto