Rooney Ungkap Rahasia Bisa Cetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah MU

Reynaldi Hermawan · Senin, 20 April 2020 - 05:50:00 WIB
Rooney Ungkap Rahasia Bisa Cetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah MU
Mantan striker Manchester United, Wayne Rooney (Foto: Guardian)

DERBYSHIRE, iNews.id – Striker Derby County, Wayne Rooney, pernah mendapat nasihat berguna dari mantan pelatihnya di Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson. Rooney diminta tidak boros stamina sebagai seorang penyerang.

Rooney bermain di bawah arahan Sir Alex dari 2004 sampai 2013. Sembilan musim bekerja sama, mereka berhasil meraih lima trofi Premier League, satu Liga Champions dan satu Piala Dunia Antarklub.

Selain kenangan manis mencium trofi, Rooney ternyata pernah mendapat masukan dari Sir Alex mengenai penampilannya di lapangan. Dia diminta agar pintar-pintar menjaga stamina agar bisa tetap berkontribusi di menit-menit krusial.

“Anda belajar hal-hal kecil di sepanjang karier. Saran terbaik saya terima dari Fergie. Dia mengatakan ‘Anda terlalu bekerja keras di pertandingan’. Saya awalnya bingung dan berpikir ‘Apa maksud Anda, bukan itu yang Anda inginkan?’,” kata Rooney kepada The Sunday Times.

“Saya dulu mencoba berlari sekuat tenaga selama 90 menit. Tapi ketika 10 menit akhir, saya kehabisan stamina. Fergie ingin striker bisa menjaga stamina. Karena peluang mencetak gol penentuan bisa terjadi di menit-menit akhir,” ujarnya.

Setelah mendapat saran dari pelatihnya itu, penyerang yang akrab disapa Wazza itu mulai mengubah cara bermain dan mengasah penyelesaian akhir di saat-saat kehabisan stamina. Dia ingin tetap bisa diandalkan di detik-detik terakhir.

“Di akhir sesi latihan, saya akan meminta tolong penjaga gawang dan pelatih penjaga gawang Eric Steele membuat latihan tambahan. Saya melakukan lari kecil kemudian menendang bola,” tuturnya.

Saran Fergie dijalankan dengan baik oleh Rooney, hasilnya dia mampu mencatatkan dirinya sebagai topskor sepanjang masa Manchester United dengan torehan 253 gol.

Editor : Arif Budiwinarto