Sah, UEFA Hapus Aturan Gol Tandang Mulai Kompetisi 2021/2022

Fitradian Dhimas Kurniawan · Kamis, 24 Juni 2021 - 21:12:00 WIB
Sah, UEFA Hapus Aturan Gol Tandang Mulai Kompetisi 2021/2022
UEFA menghapus aturan gol tandang di kompetisi 2021/2022. (Foto: UEFA)

NYON, iNews.id- Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) resmi menghapuskan peraturan gol tandang di kompetisinya. Penghapusan aturan gol tandang itu disetujui Komite Eksekutif UEFA.

Gagasan ini muncul, karena aturan agresivitas gol tandang tak terlalu signifikan di tengah pandemi. Tanpa ada penonton, nyaris tidak ada perbedaan antara bermain di kandang atau tandang.

Selain itu, ada beberapa kasus di mana tim tidak bisa bermain di kandang sendiri di tengah pandemi. Seperti yang terjadi pada sejumlah laga Liga Champions musim ini, sehingga harus mengungsi ke negara lain.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin menilai sudah banyak yang meminta agar aturan gol tandang dihapuskan. Hal itu pun membuat pertandingan menjadi lebih menarik dan adil. Hal itu menjadi dasar dihapuskannya sistem gol tandang.

“Peraturan gol tandang sudah menjadi bagian dari kompetisi UEFA, sejak diperkenalkan pada 1965. Namun, usulan mengenai penghapusan aturan itu selalu menjadi perdebatan dalam sejumlah pertemuan pada beberapa tahun terakhir,” kata Ceferin di laman resmi UEFA, Kamis (24/6/2021).

“Meski tidak ada keputusan yang mutlak, baik dari segi pelatih, penggemar dan stakeholder terus mengutarakan mengenai keadilan dan memilih untuk aturan ini dihapus,” ujarnya.

Editor : Ibnu Hariyanto

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda