Sejarah 28 Mei: Michael Owen Cetak Gol Terakhir di La Liga

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 10:30 WIB
Sejarah 28 Mei: Michael Owen Cetak Gol Terakhir di La Liga

Michael Owen saat memperkuat Real Madrid musim 2004/2005 lalu (Foto: Marca)

MADRID, iNews.id - Karier Michael Owen tak hanya terukir di kompetisi Premier League. Pria kebangsaan Inggris tersebut juga sempat bermain di La Liga Spanyol bersama Real Madrid.

Owen pindah ke Madrid di musim panas 2004 lalu. Dia didatangkan dari Liverpool dengan nilai transfer 12 juta euro.

Madrid kepincut dengan ketajaman Owen selama memperkuat The Reds. Dia merupakan pemain didikan Liverpool dan berhasil tanda tangan kontrak profesional di usia 17 tahun.

Delapan musim berkarier di Anfield, Owen mampu mencetak 158 gol dari 297 penampilannya. Dia turut mengantarkan Liverpool menjuarai Piala FA, Community Shield, Liga Europa, serta Piala Super Eropa. Owen bahkan dianugerahi gelar Ballon d'Or pada 2001 lalu.

Madrid berharap performa positif Owen bisa dilanjutkan di Estadio Santiago Bernabeu. Namun sayang, keinginan mereka gagal menjadi kenyataan. Owen lebih sering cedera sehingga tersingkir dari tim utama Los Blancos.

Selama satu musim, Owen hanya menorehkan 16 gol. Dari jumlah itu, 13 di antaranya dia cetak pada kompetisi La Liga Spanyol.

Gol terakhir Owen tercipta saat Madrid menghadapi Real Zaragoza, 28 Mei 2005 lalu. Memanfaatkan bola rebound hasil sepakan keras Zinedine Zidane, Owen sukses membawa timnya unggul di menit 25.

Tak lama setelah pertandingan itu, Owen dijual ke Newcastle United. Dia bertahan hingga musim panas 2009 hingga akhirnya pindah ke Manchester United dan kemudian Stoke City di 2012.

Editor : Bagusthira Evan Pratama