Selain Pirlo, Ini 7 Pelatih Minim Pengalaman yang Dipercaya Tangani Mantan Klub

Bagusthira Evan Pratama ยท Minggu, 09 Agustus 2020 - 17:05:00 WIB
Selain Pirlo, Ini 7 Pelatih Minim Pengalaman yang Dipercaya Tangani Mantan Klub
Andrea Pirlo dipercaya menangani Juventus meggantikan Maurizio Sarri (Foto: Dok Juventus)

1. Zinedine Zidane


Zinedine Zidane pernah menjadi gelandang andalan Real Madrid dari 2001-2006. Dia memutuskan gantung sepatu setelah membela Timnas Prancis di Piala Dunia 2006 lalu.

Usai pensiun, Zidane tak langsung jadi pelatih. Dia baru masuk jajaran kepelatihan Madrid saat ditangani Carlo Ancelotti musim 2013/2014.

Dari situ, Zidane menimba banyak ilmu. Dia akhirnya ditunjuk menangani tim kedua Madrid (Castilla) dan bekerja dari 2014-2016. Zidane kemudian naik jabatan ke tim utama untuk menggantikan posisi Rafael Benitez. Baginya, itu kesempatan pertama melatih tim besar.

Di bawah kepemimpinannya, Madrid berhasil meraih banyak gelar. Selain juara La Liga, dia juga mempersembahkan tiga trofi Liga Champions Eropa.

2. Pep Guardiola

Salah satu lokasi terjadinya penembakan misterius di Tangerang Selatan. Polres Tangsel sedang menyelidiki kejadian ini. (Foto: iNews/Nunung Purnomo).
Karier kepelatihan Pep Guardiola melesat dengan cepat. Hanya setahun menangani tim kedua, dia sudah ditunjuk melatih Barcelona pada musim 2008/2009.

Ketika itu Guardiola menggantikan posisi Frank Rijkaard. Meski awalnya diragukan, Guardiola justru langsung mempersembahkan treble winners di tahun pertamanya.

Sebelum menjadi pelatih, pria kebangsaan Spanyol ini pernah memperkuat Barcelona dari 1990-2001. Guardiola merupakan salah satu produk sukses dari akademi La Masia.

Hingga kini kariernya belum meredup. Setelah Barcelona, Guardiola memetik kesuksesan di Bayern Munchen dan Manchester City.

Editor : Bagusthira Evan Pratama