Selain Shin Tae-Yong, Ini 4 Pelatih Asia Timur yang Tangani Timnas di ASEAN

Reynaldi Hermawan · Senin, 30 Desember 2019 - 17:00:00 WIB
Selain Shin Tae-Yong, Ini 4 Pelatih Asia Timur yang Tangani Timnas di ASEAN
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.idShin Tae-yong baru saja diresmikan sebagai pelatih anyar Timnas Indonesia, Sabtu (28/12/2019). Juru taktik asal Korea Selatan (Korsel) itu mempertegas dominasi pelatih asal Asia Timur di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Shin dipercaya menangani Evan Dimas dan kolega selama 4 tahun. Mantan Pelatih Timnas Korsel itu tak hanya ditugaskan melatih Timnas senior melainkan juga mengawasi level kelompok usia.

Sebelum Shin, sudah ada empat pelatih dari kawasan Asia Timur yang ditugaskan menukangi negara-negara ASEAN. Salah satu yang paling beken yakni pelatih berkebangsaan Korsel Park Hang-seo yang ditunjuk melatih Vietnam.

Tak main-main, Park berhasil membawa dampak signifikan untuk sepak bola tim berjuluk The Golden Star itu. Dia mengantarkan Vietnam mengangkat trofi Piala AFF 2018 dan menyegel medali emas SEA Games 2019.

Selain itu, ada Thailand yang juga ditangani pelatih asal Jepang yakni Akira Nishino. Dia dipercaya menukangi tim yang dijuluki The War Elephants itu sejak Juli 2019. Kemudian ada kompatriot Nishino yaitu Tatsuma Yoshida yang ditugaskan melatih Singapura.

Lalu ada Norio Tsukitate (Jepang) yang telah melatih Timor Leste sejak 2018. Dia bahkan sebelumnya dipercaya menangani Timor Leste U-19 dan Timor Leste U-23. Kamboja sebenarnya juga sempat dilatih legendaris Jepang Keisuke Honda namun kini sudah digantikan asistennya Felix Dalmas.

Berikut daftar lengkap pelatih Asia Timur yang tangani Tim ASEAN:

Indonesia: Shin Tae Yong (Korea Selatan)
Singapura: Tatsuma Yoshida (Jepang)
Thailand: Akira Nishino (Jepang)
Timor-Leste: Norio Tsukitate (Jepang)
Vietnam: Park Hang Seo (Korea Selatan)

Editor : Haryo Jati Waseso

Bagikan Artikel: