Sembuh dari Virus Corona, Arteta Dihantui Ketakutan Tulari Orang Lain

Arif Budiwinarto ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 15:15 WIB
Sembuh dari Virus Corona, Arteta Dihantui Ketakutan Tulari Orang Lain

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta (Foto: Football London)

LONDON, iNews.id - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, sudah dinyatakan sembuh dari Virus Corona. Dia khawatir dirinya menulari banyak orang di dalam klub.

Arteta dinyatakan positif Virus Corona pada Kamis (12/3/2020) setelah mempersiapkan timnya menghadapi Manchester City pada lanjutan Liga Inggris. Ia kemudian diminta melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Situasi tersebut membuat aktifitas Arsenal terhenti sementara.

Setelah melewati dua pekan isolasi, pelatih 38 tahun dinyatakan sembuh dari Virus Corona. Dalam wawancara dengan Arsenal TV, Arteta bercerita gejala apa saja yang ia alami selama tubuhnya dihinggapi virus tersebut.

"Saya merasa pulih sepenuhnya. Benar saya mulai merasakan gejala ketika kami dapat telepon dari klub bahwa kami mungkin saja terjangkit virus (karena kontak dengan pemilik Olympiakos). Saya tidak tahu, saya merasakan sesuatu di dalam tubuh saya," ungkap Arteta.

"Soal gejala, gejalanya seperti biasa saja di tubuh saya. Selama tiga sampai empat hari sedikit berat bagi saya, temperatur sedikit panas dan batuk kering, serta ada rasa nyeri di dada. Cuma itu," jelasnya.

Sembuh dari Virus Corona, Arteta justru dilanda kekhawatiran dirinya jadi pembawa virus ke orang-orang terdekat. Apalagi sebelum dinyatakan positif, dia masih sempat bertatap muka dengan para pemain dan keluarganya.

"Anda harus menyadari, setiap orang bisa terpapar, ini sangatlah serius. Dan Anda mulai bisa memikirkan orang-orang yang pernah kontak dengan Anda atau orang lain yang pernah berdekatan dengan Anda. Saat itulah ketakuan datang."

"Ada risiko besar di sini dan saya adalah orang pertama yang merasakan gejalanya, gajala yang sangat jelas. Jadi, jika itu sebabnya, maka semua pemain dan orang yang pernah kontak dengan saya secara rutin bisa jadi terpapar juga," ujarnya.

Klub-klub Liga Inggris sudah memberlakukan isolasi mandiri kepada semua pemainnya setelah opertor liga menunda kompetisi sampai waktu belum ditentukan.

"Kami harus berbicara dengan Premier League, Manchester City. Kami harus membuat keputusan yang sangat cepat," jelasnya.

Editor : Arif Budiwinarto