Sempat Gagal, Evan Dimas Lakukan Ini untuk Bangkit

Annisa Fahmi ยท Senin, 13 Januari 2020 - 18:00 WIB
Sempat Gagal, Evan Dimas Lakukan Ini untuk Bangkit

Evan Dimas. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNews.idEvan Dimas menjadi salah satu tumpuan Timnas Indonesia saat ini. Nalurinya mengolah si kulit bundar memang sudah tampak sedari kecil. Namun, dia juga pernah gagal, namun bisa bangkit lagi.

Ya, pemuda kelahiran 13 Maret 1995 itu memang sudah menggilai sepak bola sedari kanak-kanak. Saat kelas 4 Sekolah Dasar, dia masuk Sekolah Sepak Bola (SSB) Sasana Bhakti selama dua tahun sebelum bergabung SSB Mitra Surabaya.

Prestasi demi prestasi mulai diukir Evan. Di antaranya, dia terpilih menjadi salah satu pemain Indonesia berlatih di Spanyol di akademi Barcelona.

Meski begitu, tak semuanya berjalan mulus. Dia pernah gagal juga untuk menembus Timnas pada usia 15 tahun. Namun, dia tak menyerah, dan akhirnya berhasil dipanggil Timnas Indonesia U-19.

Dalam tim yang diasuh Indra Sjafri itu, Evan diplot menjadi kapten dan berhasil mengantar tim yang saat itu dijuluki Garuda Jaya itu kampiun Piala AFF U-19 2013 di Sidoarjo. Prestasi itu berlanjut dengan suksesnya membantu Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia U-19.

“Kegagalan saya jadikan motivasi. Saya lebih rajin berlatih dan selalu ingin lebih dari teman. Saat teman saya berlatih 3 kali semingu saya berlatih 5 kali seminggu. Jadi itu yang bikin saya jadi makin lebih kuat,” ucapnya, Sabtu (11/1/2020).

Sadar dirinya seorang atlet, Evan memupuk sifat bertanggung jawab menjaga kondisinya agar selalu bisa memberikan yang terbaik.

“Proses untuk menjadi pemain Timnas itu tidak mudah. Yang penting kita harus bekerja keras, paham dengan kemampuan dan memiliki karakter diri yang baik. Namanya juga kehidupan pasti ada yang gagal. Jangan pernah mengulangi kesalahan yang sama. Dan yang paling penting adalah restu dari orang tua,” tuturnya.

Kini, Evan sedang masa pemulihan cedera engkel yang dideritanya saat membela Timnas Indonesia U-23 pada final SEA Games 2019. Sayang pada ajang tersebut, Evan dkk harus puas finis sebagai runner-up setelah kalah 0-3 dari Vietnam di final.

Editor : Abdul Haris