Shin Tae-yong Akui Mentalitas Pemain Timnas Indonesia U-19 Meningkat

Haryo Jati Waseso ยท Kamis, 30 Januari 2020 - 14:00 WIB
Shin Tae-yong Akui Mentalitas Pemain Timnas Indonesia U-19 Meningkat

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

CHIANG MAI, iNews.id – Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong mengaku puas melihat mental para pemainnya meningkat signifikan. Namun menurut dia, masih ada hal yang perlu dibenahi terutama di area pertahanan.

Timnas U-19 baru memetik kemenangan 2-1 atas klub Kyung Hee University, di Alpine Football Camp Training, Chiang Mai, Thailand, Rabu (29/1/2020). Itu merupakan kemenangan pertama dari lima laga uji coba selama pemusatan latihan di Negara Gajah Putih.

Shin mengaku puas dengan perkembangan timnya dari hari ke hari. Juru taktik berkbangsaan Korea Selatan itu mengungkapkan pasukannya sudah mulai bisa menjalankan instruksi darinya dengan baik.

“Yang paling terlihat perubahannya adalah para pemain punya mental bagus melawan rasa lelah setelah menjalani latihan fisik panjang. Mereka juga mulai berani melakukan kontak fisik dengan pemain senior dan levelnya di atas,” kata Shin di laman PSSI.

“Saya tidak melihat hasil uji coba. Tapi yang pasti, mereka sudah mengerti apa yang saya instruksikan dan inginkan. Jarak antar pemain sudah tidak terlalu jauh. Saat transisi dari menyerang ke bertahan, mereka bisa langsung bergerak cepat,” ujarnya.

Meski demikian, mantan pelatih Timnas Korsel itu mengungkapkan lini pertahanan masih perlu dipoles karena kerap lengah dalam memberikan penjagaan. Kondisi tersebut membuat lawan mudah mengembangkan permainan.

“Masalah besarnya, saat bertahan. Posisi bertahan para pemain seharusnya di antara gawang, bola dan lawan. Mereka juga harus bisa terus melihat posisi lawan. Tetapi saya akui setiap harinya ada peningkatan yang bagus. Di pertandingan ini, pertahanan mereka membaik. Untuk fisik juga semakin membaik,” tuturnya.

Editor : Haryo Jati Waseso