Sosok Muhammad Rafli, Striker Timnas Pilihan Shin Tae-yong yang Diragukan 

Rilo Pambudi · Senin, 26 September 2022 - 23:46:00 WIB
Sosok Muhammad Rafli, Striker Timnas Pilihan Shin Tae-yong yang Diragukan 
Pemain Timnas Indonesia U-23 Muhammad Rafli merayakan golnya saat bermain imbang 1-1 melawan Iran U-23 pada laga uji coba pertama di Stadion Kapten I Wayan Dipta,Gianyar, Rabu (13/11/2019). (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id - Muhammad Rafli menjadi sorotan pencinta sepak bola Tanah Air setelah namanya dimasukkan Shin Tae-yong dalam skuad Timnas Indonesia. Muhammad Rafli menjadi salah satu striker Timnas untuk FIFA Matchday September 2022.

Pemain muda dari Arema FC itu adalah satu dari empat penyerang yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menghadapi laga FIFA Matchday melawan Curacao pada 24 dan 27 September 2022. Selain Rafli, pemain lain yang dipanggil Shin Tae-yong adalah Dimas Drajad, Muhammad Ramadhan Sananta, dan Dendy Sulistyawan.

Muhammad Rafli mendapatkan kesempatan bermain di pertandingan Timnas Indonesia vs Curacao, Sabtu (24/9/2022) malam. Ia dimasukkan pada menit akhir (86') menggantikan Ramadhan Sanata.

Terkait hal tersebut, banyak yang heran dengan masuknya Muhammad Rafli di skuad Garuda. Pasalnya, Rafli dinilai tak pantas dan tidak memenuhi kualifikasi.

Alasannya, Rafli yang berposisi striker untuk Arema sejauh ini belum bisa menorehkan di Liga 1. Pemain berusia 23 tahun itu malah lebih terlihat sering duduk di bangku cadangan.

Oleh sebab itu, tak sedikit yang menuding bahwa Rafli merupakan pemain titipan. Namun, Shin Tae-yong sempat buka suara terkait alasannya memanggil sang striker.

Ia percaya bahwa pemain berusia 23 tahun itu sangat potensial meski belum mencatatkan gol di klub musim ini. Shin Tae-yong juga menegaskan bahwa pihaknya tergiur melihat performa sang striker secara keseluruhan.

"Untuk M Rafli, saya melihat dia pemain yang bagus dan potensial. Saya sebagai pelatih masih percaya dia bisa menunjukkan performa baik," kata Shin Tae yong dalam Press Conference Indonesia vs Curacao pada Jumat, 23 September 2022 lalu.

"Memang saat ini dia secara performa belum baik di liga, tetapi saya sebagai pelatih untuk tim melihat secara menyeluruh bukan satu bagian yang kecil saja. Jadi tolong jangan ada prasangka,” sambungnya.

Sosok Muhammad Rafli

Muhammad Rafli adalah pemain kelahiran Malang, 24 November 1998. Pemain yang kini berusia 23 tahun itu saat ini bermain sebagai penyerang (striker) untuk klub Arema FC.

Muhammad Rafli mulai masuk ke akademi sepak bola pada tahun 2006 di ASIOP Apacinti. Ia juga pernah mengikuti seleksi di Aji Santoso International Football Academy (ASIFA) di Malang.

Muhammad Rafli berhasil lolos seleksi dan akhirnya menjadi salah satu pemain muda yang bisa ikut berlatih dengan tim utama Arema FC. Pada tahun 2017, Muhammad Rafli secara resmi diberi kesempatan bermain di Arema FC.

Karier di Timnas

Nama Muhammad Rafli sebenarnya bukan sosok baru di Timnas Indonesia. Ia telah debut di Timnas Indonesia U-19 pada tahun 2016 ketika pertandingan kontra Timnas Thailand U-19.

Muhammad Rafli mencetak gol pertamanya di Timnas Indonesia saat berhadapan dengan TImnas Laos U-19 pada 2016 lalu. Selain itu, ia juga bermain di Timnas U-23 pada 2017.

Selama kariernya di Timnas Indonesia U-23, Muhammad Rafli berhasil mencetak tiga gol saat melawan Filipina pada 2019 di Turnamen Merlion Cup. Saat ini, Muhammad Rafli telah kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk bergabung dengan Timnas Indonesia senior meski diragukan warganet.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda