Statistik Messi Vs Ronaldo Selama 1 Dekade, La Pulga Lebih Unggul

Reynaldi Hermawan · Selasa, 31 Desember 2019 - 22:00 WIB
Statistik Messi Vs Ronaldo Selama 1 Dekade, La Pulga Lebih Unggul

Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (kanan). (Foto: AP)

BARCELONA, iNews.id – Dua ikon sepak bola dunia, megabintang Barcelona Lionel Messi dan superstar Juventus Cristiano Ronaldo memang selalu menarik untuk dibahas. Fans keduanya tak pernah bosan mengklaim idolanya masing-masing sebagai yang terbaik.

Tapi Give Me Sports mengerucutkan siapa yang terbaik di antara mereka berdasarkan angka-angka selama satu dekade alias dari 2010 hingga 2019. Siapa kah yang lebih baik, CR7 atau La Pulga? Berikut ulasan selengkapnya.

Gol di klub
Lionel Messi 522 - 478 Cristiano Ronaldo
Messi jelas lebih unggul soal produktivitas di level klub. Kapten Timnas Argentina itu memiliki rata-rata lebih dari 52 gol per tahun di semua ajang. Sementara Ronaldo rata-rata hanya di bawah 48 gol per tahun.

Musim paling subur bagi Messi terjadi pada 2012 ketika dia berhasil mencetak 79 gol. Sementara tahun paling produktif Ronaldo, yakni pada 2013 dengan 59 gol saat masih berseragam Real Madrid.

Assist di klub
Lionel Messi 205 - 140 Cristiano Ronaldo
Messi kembali mengungguli rivalnya. Ronaldo sempat mengimbangi La Pulga dalam hal assist, tapi seiring bertambahnya usia  kemampuannya memberikan umpan menurun.

Piala di klub
Lionel Messi 23 - 17 Cristiano Ronaldo
Messi memenangkan 23 trofi bersama Barcelona, ​​termasuk tujuh gelar La Liga. Ronaldo hanya memenangkan tiga gelar liga (dua gelar La Liga dan satu Serie A). Tapi untuk urusan trofi Liga Champions, CR7 bisa membusungkan dada.

Ronaldo memenangkan trofi Si Kuping Besar empat kali dan tiga di antaranya datang secara beruntun (2014, 2016, 2017, 2018), sedangkan Messi hanya dua (2011 dan 2015).

Gol di timnas
Cristiano Ronaldo 77 - 57 Lionel Messi
Ronaldo jauh lebih subur ketimbang messi di level negara. Dia mencetak 20 gol saat membala Timnas Portugal, lebih banyak ketimbang rivalny dengan Timnas Argentina.

Ballon d’Or
Lionel Messi 5 - 4 Cristiano Ronaldo
Selama sedekade ini, Messi mengoleksi 5 penghargaan pemain terbaik versi France Football itu. Total dia punya enam trofi. Sedangkan Ronaldo secara keseluruhan baru 5 kali meraihnya, dengan 4 di antaranya diraih 10 tahun terakhir.

Nilai secara keseluruhan
Lionel Messi 8.62 - 8.05 Cristiano Ronaldo
WhoScored mencatat, nilai Messi lebih unggul dari segi permainan dengan torehan 6,62. Rating Ronaldo 8.17 untuk Madrid dan 7.58 untuk Juventus sepanjang dekade ini. Jika dijumlah, dia hanya punya 8.05 dekade ini.

Piala bersama timnas
Cristiano Ronaldo 2-0 Lionel Messi
Ronaldo membantu Timnas Portugal meraih dua trofi, yaitu Euro 2016 dan UEFA Nations League 2019. Messi di sisi lain sangat merana bersama Argentina. Dia kalah pada tiga laga final yaitu Piala Dunia 2014, serta Copa America 2015 dan 2016.

Kesimpulan
Jika melihat torehan tersebut, secara keseluruhan Messi lebih unggul dibandingkan Ronaldo selama sedekade terakhir. Apalagi, semua torehan itu diraihnya hanya bersama Barcelona, sedangkan Ronaldo dengan Madrid dan Juventus.

Tapi jika ukurannya bersama Timnas negaranya, Ronaldo jelas boleh jemawa dibandingkan Messi. Namun, penampilan bersama klub jelas menjadi yang terpenting karena mereka melakukannya secara reguler.


Editor : Haryo Jati Waseso