Termasuk Riko Simanjuntak, Ini 3 Pemain yang Lahap 2 Laga dalam 24 Jam

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 20:11 WIB
Termasuk Riko Simanjuntak, Ini 3 Pemain yang Lahap 2 Laga dalam 24 Jam

Winger Persija Riko Simanjuntak. (Foto: Persija)

JAKARTA, iNews.id – Pesepak bola profesional memang dituntut memiliki mobilitas tinggi. Mereka sudah biasa menjalani lebih dari satu pertandingan dalam satu pekan di beda tempat, bahkan negara.

Tapi apa jadinya jika seorang pemain melakoni dua pertandingan hanya dalam rentang 24 jam. Apakah bisa? Nyatanya ada tiga pesepak bola sejauh ini yang sanggup melakukan hal tersebut.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya dikutip Instagram @faktabola:

1. Amine Gouiri

Amine Gouriri. (Foto: France News)

Gouiri merupakan pemain berusia 20 tahun asal Prancis yang kini memperkuat Olympique Lyon. Sayangnya, striker kelahiran Bourgoin-Jallieu itu jarang dapat kesempatan main di skuat utama.

Sebuah catatan unik terukir dalam kariernya 27 November lalu. Gouiri memainkan dua pertandingan dalam satu hari bersama klubnya. Dia menjadi bagian tim Lyon U-19 di UEFA Youth League dan bersama tim senior di Liga Champions melawan Zenit St. Peterburg.

Di tim muda, Gouiri bermain selama 47 menit. Kemudian malam harinya di tim senior, dia dipercaya sebagai pemain pengganti selama 12 menit sebagai pemain pengganti.

Apesnya, Gouiri menelan dua kekalahan saat itu. Di UYL, timnya Lyon kandas 1-3. Kemudian di Liga Champions dipermalukan 0-2.

2. Mark Hughes

Mark Hughes. (Foto: ESPN)

Masih ingat dengan sosok gelandang mantan gelandang Manchester United, Bayern Munchen, Barcelona dan Chelsea satu ini? Hughes juga terkenal memiliki stamina top saat masih aktif bermain.

Dia pernah bermain dalam dua pertandingan berbeda dalam sehari. Hebatnya lagi, dua laga tersebut digelar di negara berbeda. Momen unik tersebut terjadi pada 11 November 1987.

Pertama, dia memperkuat Timnas Wales selama 90 menit saat kalah 0-2 dari Cekoslowakia pada ajang kualifikasi Euro 1988 di Kota Praha, Ceko.

Selesai pertandingan, Hughes langsung terbang ke Jerman untuk memperkuat Bayern melawan Borussia Monchengladbach dalam laga replay putaran kedua DFB Pokal.

Bersama Die Roten, Hughes main dari bangku cadangan menit ke-63 untuk menggantikan Ludwig Kogl. Bayern kala itu memetik kemenangan 3-2 setelah melalui babak tambahan dan melaju ke babak 16 Besar.

3. Riko Simanjuntak

Winger Persija Jakarta, Riko Simanjuntak bersama Sekjen PSSI, Ratu Tisha (Foto: PSSI)

Penggawa Persija Jakarta asal Kota Pematang Siantar itu memang memiliki postur tubuh mungil. Tapi jangan pernah meremehkan staminanya. Riko pernah main dua kali dalam 24 jam.

Pada 15 Oktober 2019 malam, dia membela Timnas Indonesia melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G. Tim Garuda kalah 1-3 pada laga yang digelar di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar itu.

Keesokan harinya 16 Oktober 2019 sore, Riko memakai kostum Persija untuk melawan Semen Padang di Stadion Patriot Candrabagha, Bekasi. Dia main sejak menit ke-63. Macan Kemayoran dipermalukan dengan skor 1-2 saat itu.

Editor : Abdul Haris