Terungkap, 2 Pemain Muslim Jerman Tolak Aksi Tutup Mulut di Piala Dunia 2022

Sintia Putri Balqis ยท Selasa, 29 November 2022 - 12:15:00 WIB
Terungkap, 2 Pemain Muslim Jerman Tolak Aksi Tutup Mulut di Piala Dunia 2022
Dua pemain muslim Jerman sebenarnya menolak aksi tutup mulut di Piala Dunia 2022. Sosok yang dimaksud adlah Ilkay Gundogan dan Antonio Rudiger. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

DOHA, iNews.id – Dua pemain muslim Jerman sebenarnya menolak aksi tutup mulut di Piala Dunia 2022. Sosok yang dimaksud adlah Ilkay Gundogan dan Antonio Rudiger.

Jerman menjadi salah satu dari tujuh timnas yang berencana menggunakan ban kapten pelangi ‘One Love’ di Piala Dunia 2022 sebagai bentuk ekspresi solidaritas dengan komunitas LGBT. Der Panzer ingin menunjukkan sepak bola untuk semua orang dari berbagai kalangan. 

Namun, rencana menggunakan ban kapten pelangi ini gagal, lantaran FIFA melarang kampanye tersebut. Hal ini disesuaikan dengan permintaan Qatar, tuan rumah Piala Dunia 2022 yang mayorits beragam muslim. 

Pemain Timnas Jerman melakukan sesi foto tak biasa sebelum melakoni laga melawan Jepang pada ajang Piala Dunia 2022 di Stadion Khalifa International, Rabu (23/11/2022). (Foto: REUTERS)

Sebagi protes, muncul gestur tutup mulut pemain Jerman jelang melawan Jepang pada matchday pertama Grup E. Melalui akun Twitter resmi Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB), mereka menjelaskan makna foto tim yakni sebagai bentuk protes.

Jerman ingin menggunakan ban kapten untuk mempertahankan nilai-nilai yang mereka pegang yaitu keragaman dan saling menghormati. Rudiger dan Gundogan yang merupakan pemain muslim dihujat karena ikut melakukan gestur tutup mulut.

Tapi fakta terbaru dikeluarkan media Jerman, Sport1. Mereka mengklaim Ilkay Gundogan dan Antonio Rudiger adalah pemain yang menolak aksi tersebut dan memilih untuk fokus pada pertandingan.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda