Tidak Ada Pertandingan, Thierry Henry Kesal Tak Bisa Belajar dari Pelatih Lain

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 30 April 2020 - 02:06:00 WIB
Tidak Ada Pertandingan, Thierry Henry Kesal Tak Bisa Belajar dari Pelatih Lain
Pelatih Montreal Impact, Thierry Henry. (Foto: AFP)

MONTREAL, iNews.id - Penyerang legendaris Arsenal, Thierry Henry, mengaku mulai gelisah kompetisi sepak bola belum juga kembali bergulir. Pasalnya, situasi tersebut mengganggu proses belajarnya sebagai pelatih.

Setelah pensiun sebagai pemain pada 2014, Henry merambah dunia kepelatihan. Kariernya sebagai juru taktik dimulai di timnas Belgia saat dipercaya mendampingi Roberto Martinez pada 2016. 

Pada Oktober 2018, Henry ditunjuk sebagai pelatih AS Monaco menggantikan Leonardo Jardim. Dia hanya setahun bersama klub asal Prancis itu.

Sejak November 2019, Henry menjabat pelatih tim Major League Soccer (MLS), Montreal Impact. Menyadari pengalamannya sebagai pelatih masih kurang, Henry kerap belajar dengan cara mengamati pertandingan. 

Namun, pandemi virus corona memaksa banyak kompetisi sepak bola di seluruh dunia terhenti, termasuk MLS. Situasi tersebut membuat proses belajar Henry terhenti untuk sementara. 

“Rasanya aneh, karena saya cenderung lebih suka menyaksikan pertandingan, dengan harapan bisa belajar dari pelatih lain. Hal itu merupakan hal yang normal,” kata Henry kepada AFP.

“Namun, sekarang tentunya tidak ada pertandingan di TV. Biasanya saya menonton pertandingan bersama staf pelatih. Kami suka mendiskusikan hal-hal menarik dan berusaha menirunya,” ujarnya.

Untuk menyiasatinya, mantan pemain timnas Prancis kerap membahas kembali pertandingan yang sudah lewat melalui rekaman video. 

“Kondisi saat ini sangat sulit. Kami harus melihat video lama, yang sebelumnya sudah ditonton bersama pemain secara individu dan juga sebagai tim,” tutur Henry.

Editor : Arif Budiwinarto