Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia Kalah 0-2, Yeyen: 2 Gol Malaysia Hadiah dari Kita

Abdul Haris ยท Selasa, 19 November 2019 - 23:03 WIB
Timnas Indonesia Kalah 0-2, Yeyen: 2 Gol Malaysia Hadiah dari Kita

Yeyen Tumena. (Foto: PSSI)

KUALA LUMPUR, iNews.id – Pelatih sementara Timnas Indonesia Yeyen Tumena menyayangkan kekalahan 0-2 pasukannya saat meladeni tuan rumah Malaysia pada, Selasa (19/11/2019) malam.

Pada laga kelima Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G di Stadion Bukit Jalil itu, Tim Garuda kebobolan dua gol melalui tendangan bebas Safawi Rasid dari luar kotak penalti pada menit ke-30. Wasit memberikan pelanggaran itu setelah kapten Indonesia Yanto Basna menjatuhkan Safawi.

Lagi-lagi, pada babak kedua kesalahan dilakukan Tim Garuda. Kapten Yanto Basna yang berusaha menghalau lari Safawi, namun bolanya justru berhasil dicuri sang gelandang yang langsung menghujamkan tendangan keras menjebol gawang Indonesia yang dikawal Muhammad Ridho pada menit ke-73.

Selain itu, Indonesia juga mendapat berbagai peluang, namun gagal dimaksimalkan menjadi gol. Salah satunya dari titik penalti setelah Febri Hariyadi dijatuhkan di kotak terlarang. Namun, Osas Saha yang jadi algojo gagal memanfaatkannya jadi gol.

“Faktor pertama di level internasional kita tak bisa hilang satu peluang untuk bisa bikin gol, kemudian orang bisa bikin gol dari kesalahan kita. Dua gol Malaysia adalah hadiah dari pemain kita,” ucap  Yeyen usai pertandingan.

“Tapi apapun itu saya angkat topi terhadap kerja keras para pemain yang sudah menjalankan taktik sesuai apa yang kita rencanakan dari awal, meskipun hasilnya kurang baik,” tutur nakhoda yang menggantikan fungsi Pelatih Simon McMenemy yang menolak hadir setelah kontraknya diputus PSSI.

Yeyen juga mengakui kemenangan Malaysia. Menurutnya, Tim Harimau Malaya itu lebih mampu memaksimalkan setiap peluang yang mereka dapat.

“Saya ucapkan selamat kepada Malaysia yang lebih menguasai permainan, tapi kita lebih efektif,” katanya.  

Editor : Abdul Haris