Timnas Inggris Tetap Suarakan Black Lives Matter di Euro 2020 meski Dicemooh Fans

Quadiliba Al Farabi ยท Minggu, 06 Juni 2021 - 13:51:00 WIB
Timnas Inggris Tetap Suarakan Black Lives Matter di Euro 2020 meski Dicemooh Fans
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate (Foto: Independent)

MIDDLESBROUGH, iNews.id- Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris Gareth Southgate menegaskan anak asuhnya tetap melakukan aksi berlutut menyuarakan Black Lives Matter di Euro 2020. Dia tak peduli meski ada fans Timnas Inggris menentangnya.

Aksi berlutut Black Lives Matter terakhir dilakukan Timnas Inggris saat laga uji coba menjelang Euro 2020 Austria pada Kamis, 3 Juni 2021 lalu. Setelah peluit Kick Off babak pertama, kedua tim melakukan aksi berlutut untuk gerakan anti-rasisme Black Lives Matter. 

Penonton yang memadati Stadion Riverside, Middlesbrough itu memberikan tepuk tangan atas aksi tersebut. Namun, terdapat segelintir penonton yang justru mengejek dan meneriaki nada cemoohan kepada Southgate.

Pada laga ini, Inggris menang tipis 1-0 atas Austria. Gol semata wayang Tinga Singa dicetak Bukayo Saka.

Pelatih berusia 50 tahun ini menyesali perbuatan penonton yang mencemooh aksi itu. Dia menganggap penonton tak mengerti makna dari aksi ini.

“Intinya, orang-orang mencemooh tim mereka sendiri. Saya tidak begitu mengerti itu. Jika Anda tidak setuju dengan situasinya, maka Anda tidak perlu bertepuk tangan atau melakukan apa pun. Untuk mencemooh tim Anda sendiri sangat aneh,” ucap Southgate dikutip dari laman Dailymail pada Minggu (6/6/2021).

Southgate bersikeras tidak akan menghentikan aksi tersebut hingga Euro 2020 nanti. Dia masih percaya bahwa mayoritas penduduk Inggris mendukung gerakan ini sebagai aksi damai untuk kesetaraan ras.

Editor : Ibnu Hariyanto

Halaman : 1 2