Tragedi Kanjuruhan Bikin Geger, Nasib Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Bagaimana?

Andhika Khoirul Huda · Minggu, 02 Oktober 2022 - 07:34:00 WIB
Tragedi Kanjuruhan Bikin Geger, Nasib Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Bagaimana?
Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 127 orang menjadi sorotan dunia. Kini nasib Indonesia yang bakal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 mulai terancam. (Foto: Antara)

Angka tersebut sudah melebihi jumlah korban dari Tragedi Heysel yang terjadi pada 29 Mei 1985 dalam laga Liga Champions antara Liverpool dan Juventus. Kala itu, tembok stadion Heysel runtuh dan menyebabkan 39 orang meninggal dunia.

Dua hari berselang, FIFA pun langsung menjatuhkan hukuman larangan tampil di kompetisi Eropa kepada klub Inggris. Oleh karena itu, Akmal menilai hal itu bisa jadi membuat FIFA meninjau ulang kembali kelayakan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang akan bergulir tahun depan pada 20 Mei hingga 11 Juni.

“Ingat tragedi Heysel, 29 mei 1985. Pada 31 Mei 1985 UEFA langsung menghukum klub Inggris tidak boleh terlubat dalam kompetisi Eropa selama Lima Tahun,” kata Akmal saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Minggu (2/10/2022).

“Jumlah korban tewas sudah melebihi tragedi Heysel, 29 Mei 1985, Liverpool vs Juventus yang menewaskan 39 orang. Bukan mustahil status indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia ditinjau ulang,” imbuhnya.

Namun, sejauh ini jumlah korban meninggal dari kerusuhan di Malang itu masih simpang siur. Belum ada keterangan resmi dari pihak yang berwenang.

Kendati demikian, PSSI telah menyatakan bakal menurunkan tim investigasi untuk menyelidiki kasus kerusuhan tersebut. PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator liga, pun sudah memutuskan untuk menunda semua pertandingan Liga 1 2022/2023 selama sepekan ke depan.  

Editor : Reynaldi Hermawan

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda