20 Kali Lebih Tipis dari Rambut Manusia, Lensa Ini Bisa Ratakan Tonjolan Kamera Smartphone

Dini Listiyani ยท Jumat, 11 Oktober 2019 - 06:30 WIB
20 Kali Lebih Tipis dari Rambut Manusia, Lensa Ini Bisa Ratakan Tonjolan Kamera Smartphone

Lensa kamera 20 kali lebih tipis dari rambut manusia (Foto: University of Utah College of Engineering)

CALIFORNIA, iNews.id - Teknisi di Amerika Serikat (AS) mengklaim telah merancang lensa tertipis. Bukannya melengkung, lensa baru ini justru datar dan membengkokkan cahaya langsung pada sensor kamera.

Lensa tertipis ini dikembangkan oleh engineer di University of Utah. Mereka percaya lensa kembangannya dapat digunakan untuk meratakan tonjolan kamera smartphone dan ditambahkan ke drone serta night vision untuk keperluan militer.

"Lensa kami seratus kali lebih ringan dan seribu kali lebih tipis. Tapi, kinerjanya bisa sebagus lensa konvensional," kata rekan penulis atau mahasiswa pascasarjana computer engineering Monjurul Meem yang dikutip dari Daily Mail, Jumat (11/10/2019).

Lensa lengkung konvensional mengambil cahaya yang memantul pada suatu obyek dan membengkokkannya sebelum akhirnya mencapai sensor kamera yang membentuk gambar digital. Sedangkan lensa baru memiliki banyak struktur mikro, masing-masing membengkokkan cahaya ke arah yang benar di sensor.

Tim telah mengembangkan proses fabrikasi dengan polimer jenis baru bersama dengan algoritma yang dapat menghitung geometri struktur mikro ini.

"Anda dapat menganggap struktur mikro ini sebagai piksel lensa yang sangat kecil. Mereka bukan lensa sendiri tapi semua bekerja sama untuk bertindak sebagai lensa," ujar Menon.

Hasilnya, lensa menjadi rata bukannya melengkung dan 20 kali lebih tipis dari rambut manusia. Bahkan, lensa mempunyai kemampuan tambahan yang digunakan sebagai pencitraan termal untuk melihat obyek dalam gelap.

Penggunaan yang lebih cepat untuk teknologi ini akan memungkinkan drone militer yang lebih ringan untuk misi malam hari atau memetakan kebakaran hutan serta mencari korban bencana alam. Selain itu, tentara di lapangan juga bisa membawa kamera night vision yang jauh lebih ringan untuk durasi yang lebih lama.

Menon mengatakan lensa baru ini juga bisa lebih murah untuk diproduksi karena desainnya memungkinkan mereka membuatnya dari plastik, bukan kaca. Lensa optik ini bisa menyelamatkan Apple dari banyak kritik atas iPhone 11 yang diejek karena tiga lensa menonjolnya.

Apple membanggakan kamera akan memungkinkan penggemar mendapatkan kemampuan foto yang lebih baik dibanding sebelumnya. Tapi, desain pada iPhone 11 rupanya tidak membuat penggemarnya terkesan.

Satu orang mengklaim tiga kamera membuat telepon menyerupai kelapa. Sementara yang lain membandingkan desain dengan bola bowling.


Editor : Dini Listiyani