5 Cara Merawat Lensa Kamera agar Tak Mudah Berjamur

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 14 Januari 2021 - 20:05:00 WIB
5 Cara Merawat Lensa Kamera agar Tak Mudah Berjamur
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id -  Lensa menjadi salah satu senjata penting bagi fotografer. Pasalnya, lensa membantu fotografer mengabadikan momen pada kamera mereka. 

Sayangnya, lensa ini rentan terkena jamur bila tidak dirawat dengan baik. Nah, supaya tidak bingung mencari cara untuk merawat lensa kamera, berikut iNews.id, Selasa (12/1/2021).

1. Sering membersihkan lensa

Sering membersihkan lensa setelah dipakai menjadi hal utama yang harus diperhatikan fotografer. Apalagi lokasi untuk memotret memiliki tingkat kelembaban tinggi seperti air terjun, pegunungan berkabut maupun kolam renang.

2. Gunakan lens cleaning kit

Membersihkan lensa kamera juga tidak boleh sembarangan. Harus menggunakan lens cleaning kit yang terdiri dari lap mikrofiber dan juga plower. Lens cleaning kit juga sudah tersedia di online shop dengan harga yang terjangkau.

3. Lepas lensa dari kamera saat tidak terpakai

Jika kamera SLR tidak dipakai, usahakan lepas seluruh bagiannya mulai dari lensa, baterai hingga memory card. Khusus untuk lensa setelah dilepas langsung ditutup pakai lenshood agar debu tidak masuk ke sensor dan diletakkan di dalam tas kamera.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2