Begini Cara Bermain Game PlayStation 1 di Smartphone Android

Riyandy Aristyo ยท Minggu, 17 Mei 2020 - 12:09 WIB
Begini Cara Bermain Game PlayStation 1 di Smartphone Android

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Sony PlayStation generasi pertama (PS1) merupakan konsol game terbaik di era 90-an. Tak ayal, masih banyak penggemar yang tetap memainkan konsol ini meski generasi terbarunya terus hadir.

Menariknya, game PS1 ternyata bisa dimainkan melalui smartphone. Namun, perlu bantuan aplikasi Android bernama emulator PS dan psx bios untuk smartphone tentunya. 

Berikut langkah-langkah mudah untuk bermain PS1 di smartphone android yang sudah dihimpun iNews.id, Minggu (17/5/2020).

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi emulator PS1 dan psx bios. Untuk emulator PS1, bisa didapatkan di Google Play Store. Sementara PSX Bios bisa dicari lewat pencarian kolom Google, gratis dan tersedia di website penyedia game mana saja.

2. Setelah emulator PS1 dan PSX bios sudah diunduh, buatlah folder khusus pada eksternal SD card untuk menempatkan file bios. Beri nama file yang mudah diingat dan dicari misalnya 'PSxGame'.

Bagi smartphone yang tidak memiliki aplikasi pembuat file, bisa gunakan aplikasi manajemen file OI File atau Astro File Manager, di Google Playstore.

3. Install aplikasi emulator PS1 pada smartphone android, dilanjutkan dengan Install aplikasi psx bios.

4. Setengah jalan kemudian setting bios dengan cara masuk ke setting smartphone – system – Bios Loading.

5. Lalu browse file bios sesuai dengan folder yang telah dibuat diawal tadi (PSxGame).

6. Jangan lupa untuk menyimpan settingan bios ini, supaya tidak berubah-ubah kedepannya. Klik atau sentuh menu Default Config Save (save as default config).

7. Langkah terakhir dan terpenting tentu mengunduh game PS1 untuk ponsel android yang ingin dimainkan. Game PS1 sendiri disarankam menggunakan format ISO/Bin dan jangan yang exe.

Disejumlah website game sudah banyak menyediakan daftar game PS1 android berformat ISO/Bin atau bisa lewat kolom Google dengan keyword 'Download Game PS1 ISO'.

Rata-rata, game PS1 ini berkapasitas lebih dari 500 MB, walaupun yang 100 MB juga ada. Jadi, disarankan saat men-download, pakai jaringan wifi agar paket kuota internet tetap terjaga.

8. Setelah game terunduh, buka file melalui OI File atau Astro File Manager. Kemudian cari game yang sudah di download, Copy/Cut lalu Paste di file PSxGame. Setelah di Paste, kemudian Extract game tersebut hingga selesai.

9. Setelah itu, buka Emulator PS1 dan game siap dimanikan.

Editor : Dini Listiyani