Masalah Teknologi Ini Kerap Terjadi saat Kerja di Rumah, Begini Solusinya

Dini Listiyani ยท Senin, 30 Maret 2020 - 11:35 WIB
Masalah Teknologi Ini Kerap Terjadi saat Kerja di Rumah, Begini Solusinya

Ilustrasi work from home (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi virus corona (Covid-19) memaksa masyarakat dunia mengubah pola kehidupan mereka. Guna menekan penyebaran, masyarakat diimbau agar belajar dan bekerja di rumah untuk sementara waktu.

Saat bekerja di rumah, teknologi berperan penting dalam mengerjakan pekerjaan kantor. Tapi, terkadang teknologi juga bisa menghambat pekerjaan saat berada di rumah.

Nah, berikut ini masalah teknologi yang kerap dijumpai saat kerja di rumah dan solusi untuk mengatasinya sebagaimana dikutip iNews.id dari Slash Gears, Senin (30/3/2020).

Wifi Buruk
Jika Anda mengalami internet lambat bisa jadi karena koneksi yang buruk. Untuk mengetahuinya, colokkan laptop ke modem secara langsung dan uji kecepatan internet Anda.

Jika masih buruk, masalah kemungkinan ada pada koneksi Anda bukan router. Tentu saja Wifi buruk tidak hanya terbatas pada itu. Jika Anda memiliki rumah besar atau bekerja di ruangan yang jauh dari router, pertimbangkan repeater Wifi yang dapat memperluas jangkauan jaringan.

Aplikasi bandwidth-intensive juga bisa memperlambat Wifi semua orang. Jika Anda tidak dapat membantu, pertimbangkan untuk menggunakan versi lite dari browser internet agar mengurangi beban. Jika semuanya tidak berhasil, termasuk hard reset- hubungi ISP Anda.

Laptop Kerja Buruk
Banyak perusahaan memberik karyawan laptop untuk kerja. Tapi, tidak semua laptop berjalan baik sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda terjebak dalam kondisi yang memengaruhi kinerja Anda, coba trik berikut.

Di rumah, Anda bebas menggunakan periferal yang Anda inginkan. Sambungkan laptop ke monitor dekstop. Lalu, tambahkan mouse dan keyboard eksternal untuk mengubah laptop menjadi CPU sehingga Anda tidak perlu melihat atau menyentuhnya saat berada di rumah. Layar yang lebih besar juga lebih mudah dilihat dan dapat membantu Anda menjadi lebih produktif lagi.

Video Call
Bekerja di rumah bukan berarti menjadi sulit untuk berkomunikasi dengan tim. Makanya banyak yang mengandalkan video conference untuk bisa tetap berkomunikasi dengan tim.

Masalahnya, tidak semua aplikasi video conference dapat menampung banyak orang. Nah, salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan agar tetap terhubung di tengah pandemi ini adalah Zoom.

Tidak seperti Skype dan banyak pesaing lainnya, Zoom mudah dibuat dan dibagikan dengan peserta lain. Menariknya, Zoom juga mampu menampung banyak peserta tanpa penurunan kualitas audio.

Editor : Dini Listiyani