Mengenal Kecerdasan Buatan, Mulai dari Kegunaan hingga Jenisnya

Dini Listiyani ยท Jumat, 29 November 2019 - 05:02 WIB
Mengenal Kecerdasan Buatan, Mulai dari Kegunaan hingga Jenisnya

Ilustrasi kecerdasan buatan. (Foto: pixabay.com)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk memangkas jabatan eselon dan menggantinya dengan artificial intelligence (AI) alias kecerdasan artifisial. Lalu, apa sebenarnya AI atau kecerdasan buatan ini?

Istilah AI sebenarnya tidak sepenuhnya baru di dunia teknologi. Pada 1950-an, bapak dari bidang ini Minsky dan McCarthy menggambarkan AI sebagai tugas yang dikerjakan oleh program atau mesin.

Sistem AI biasanya akan menunjukkan sejumlah perilaku yang terkait dengan kecerdasan manusia yakni planning, learning, reasoning, problem solving, knowledge respresentation, perception motion, dan manipulation.

Supaya lebih memahami lebih jelas mengenai AI, iNews.id mengumpulkan sejumlah fakta-fakta menarik terkait dengan kecerdasan buatan ini dari ZDNet, Kamis (28/11/2019).

Kegunaan AIAI sekarang digunakan di mana-mana. AI digunakan untuk merekomendasikan apa seharusnya dibeli di online, memahami apa yang Anda katakan ke asisten virtual seperti Alexa dan Siri, mengenali siapa yang ada di dalam foto, bahkan mendeteksi penipuan kartu kredit.

Jenis AIPada tingkat yang tinggi, artificial intelligence dapat dibagi menjadi dua tipe yakni narrow AI dan general AI.

Narrow AI seperti dapat dilihat sekarang ini di komputer seperti sistem cerdas yang telah diajarkan melakukan tugas tertentu. Jenis kecerdasan mesin ini terbukti dalam pengenalan speech dan language dari asisten virtual Siri di iPhone, sistem vision-recognition di mobil self-driving.

Berbeda dengan manusia, sistem ini hanya dapat belajar atau diajarkan terkait bagaimana melakukan tugas tertentu. Itulah sebabnya mereka disebut narrow AI.

Apa yang bisa dilakukan narrow AI?Ada sejumlah besar aplikasi yang muncul untuk narrow AI seperti menafsirkan video feed dari drone yang melakukan inspeksi visual dari infrastruktur pipa minyak, mengatur kalender bisnis atau pribadi, berkoordinasi dengan sistem kecerdasan lainnya untuk melaksanakan tugas seperti memesan hotel, dan lain-lain.

Apa yang dapat dilakukan General AI?General AI sangat berbeda dan merupakan jenis kecerdasan yang dapat mengatasi semua tugas umum seperti halnya manusia, suatu bentuk kecerdasan fleksibel yang mampu mempelajari cara melakukan tugas yang sangat berbeda mulai dari memotong rambut hingga membangun spreadsheets.

Jadi, general AI ini adalah jenis kecerdasan buatan yang umum dilihat di film-film seperti Skynet di The Terminator.


Editor : Ahmad Islamy Jamil