Pandemi Covid-19, Signify Luncurkan Lampu Meja yang Bisa Lumpuhkan Virus dengan Cahaya

Tuty Ocktaviany ยท Rabu, 30 September 2020 - 21:32 WIB
Pandemi Covid-19, Signify Luncurkan Lampu Meja yang Bisa Lumpuhkan Virus dengan Cahaya

Signify luncurkan lampu meja yang bisa lumpuhkan virus dengan cahaya. (Foto: Signify)

JAKARTA, iNews.id – Pandemi Covid-19 belum reda hingga kini, sehingga masyarakat terus diingatkan untuk mentaati protokol kesehatan. Selain itu, ada cara lain bisa digunakan agar tidak terpapar virus tersebut. Apa itu?

Signify (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan di pertengahan tahun ini memperkenalkan portofolio UV-C. Berada di garis depan inovasi UV-C profesional, lampu meja desinfeksi Signify hadir untuk membantu mendesinfeksi rumah dari virus dan bakteri secara efektif.

“Saat dunia sedang menyesuaikan diri dengan tantangan dan ‘adaptasi kebiasaan baru’ karena Covid-19, kami berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan desinfeksi yang semakin meningkat dengan memperkenalkan UV-C pertama kami,”  tutur Rami Hajjar, Country Leader Signify Indonesia dalam siaran pers, Rabu (30/9/2020).

Dia mengatakan, lampu meja baru ini dapat membuat perbedaan dengan membantu menonaktifkan virus, termasuk SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19 dan bakteri untuk membantu menjaga rumah tetap bersih dari mikroorganisme berbahaya.

Kebersihan benda-benda dan permukaan di rumah, kata dia, dapat berdampak besar pada kesehatan dan kesejahteraan. Pasalnya, setiap orang berisiko tertular atau menyebarkan virus dan kuman saat menyentuh barang.

“Cara yang efektif dan terbukti untuk menetralkan virus dan bakteri melalui penyinaran UV-C. Lampu meja desinfeksi UV-C mudah digunakan, dengan panel kontrol ringkas dan dilengkapi panduan suara internal," katanya.

Mengingat paparan sinar UV-C dapat berbahaya untuk mata dan kulit, dia menjelaskan, panduan suara bawaan pada lampu tidak hanya meminta pengguna untuk meninggalkan ruangan sebelum lampu menyala, namun Signify juga menambahkan perlindungan ekstra pada lampu meja tersebut dengan sensor terintegrasi yang mendeteksi gerakan dari manusia, dan langsung mematikan lampu jika terdeteksi adanya gerakan.

Dalam hitungan menit, kata dia, lampu meja desinfeksi Philips UV-C dapat secara efektif melumpuhkan virus, bakteri, jamur, dan spora yang dapat menimbulkan bahaya tak terlihat di rumah.

“Waktu untuk mendesinfeksi ruangan di rumah tergantung pada ukuran ruangan dan jenis permukaan atau benda-benda yang ada di ruangan tersebut. Misalnya, ruang tamu dengan ukuran sedang membutuhkan sekitar 45 menit paparan sinar untuk dibersihkan, kamar tidur membutuhkan 30 menit dan kamar mandi biasa 15 menit,” tuturnya.

Untuk memastikan ruang tersebut didesinfeksi secara efektif, menurut dia, lampu meja desinfeksi Philips UV-C menggunakan dosis yang melebihi dosis yang diperlukan untuk menonaktifkan sebagian besar kuman yang telah diuji terhadap paparan sinar UV-C.

“Seluruh bakteri dan virus yang diuji hingga saat ini merespons iradiasi UV-C. Dalam pengujian laboratorium, lampu UV-C Signify menonaktifkan 99 persen virus SARS-CoV-2 dengan waktu paparan enam detik pada permukaan,” ucapnya.

Editor : Tuty Ocktaviany