Samsung Ungkap Sensor Kamera 108MP untuk Smartphone

Dini Listiyani ยท Senin, 12 Agustus 2019 - 16:35 WIB
Samsung Ungkap Sensor Kamera 108MP untuk Smartphone

Sensor kamera Samsung 108 MP (Foto: Samsung)

SEOUL, iNews.id - Samsung meluncurkan sensor kamera smartphone 108 MP. Sensor kamera terbarunya ini bakal hadir di smartphone terbaru Xiaomi Redmi.

ISOCELL Bright HMX, buah hasil kerja sama Samsung dan Xiaomi adalah salah satu sensor smartphone terbesar yang berukuran 1/1.33 inci, sekitar tiga perempat ukuran sensor 1-inci pada Sony RX100 V11. Menariknya, pada ukuran itu, sensor 108MP akan mempunyai piksel sangat kecil.

Secara default, teknologi Samsung Tetracell akan mengumpulkan cahaya dari empat piksel, mengubahnya menjadi sensor 27MP. Anda masih dapat mengambil foto 108MP bila ingin, tapi kemungkinan membutuhkan situasi pengambilan cahaya yang terang.

Mekanisme Smart-ISO akan secara otomatis memilih ISO yang lebih rendah dalam cahaya lebih terang. Lalu, ISO tinggi dalam kondisi redup. Nah, Xiaomi diharapkan akan memberikan pengguna kontrol manual atas pengaturan itu.

Seiring dengan pemotretan resolusi tinggi dan cahaya rendah, sensor akan memungkinkan untuk film 6K pada 30fps. Seperti dilaporkan Engadget, Senin (12/8/2019), smartphone terbaru Samsung mendapat kritik karena kinerja cahaya rendah yang kurang dibandingkan Huawei P30 Pro dan model lain yang menggunakan chip Sony.

Dengan hanya meningkatkan ukuran chip, Samsung dapat secara efektif mengatasi masalah itu. Pada saat yang sama, sensor smartphone yang lebih besar memberi konsumen alasan lain untuk tidak memberi compact camera.

Samsung akan memulai produksi chip 108 MP pada akhir bulan ini. Sebelumnya, Samsung juga mempunyai sensor besar lain yang diperuntukan untuk smartphone yakni 64MP Samsung ISOCELL Bright GW1.

Sensor kamera 64 MP milik Samsung digadang-gadang akan disematkan dalam ponsel terbaru Realme. Bahkan, salah satu ponsel terbaru Redmi dikatakan juga akan menggunakan sensor ini.


Editor : Dini Listiyani