Spesifikasi Terungkap, PlayStation 5 Bawa Dukungan 8K

Dini Listiyani ยท Kamis, 18 April 2019 - 13:25:00 WIB
Spesifikasi Terungkap, PlayStation 5 Bawa Dukungan 8K
Spesifikasi terungkap, PlayStation 5 bawa dukungan 8K (Foto: Stuff)

TOKYO, iNews.id - Misteri soal konsol generasi terbaru Sony, PlayStation 5 mulai terang. Sebab, real detail terkait hardware mulai terungkap ke publik.

Berkat interview dengan Wired, informasi kunci terkiat PlayStation 5 terungkap. PlayStation 5 dikabarkan akan hadir dengan dukungan grafis 8K, 3D audio, super fast SSD, dan kompatibilitas backwards dengan game PlayStation 4 yang ada.

Menurut Mark Cerny, yang bertanggung jawab sebagai lead system architect untuk PlayStation 4, konsol terbaru hanya peningkatan dari segi spesifik, tapi ada juga hardware baru di dalam PlayStation 5 mencakup delapan core CPU berbasis AMD Radeon Navi, yang akan membawa grafis ray-tracing ke konsol game untuk pertama kalinya.

Melansir The Verge, Kamis (18/4/2019), hasil akhir dari seluruh peningkatan hardware adalah PlayStation5 akan mendukung grafis 8K, dengan asumsi Anda punya TV yang mendukung resolusi seperti itu. Sony juga memberikan penekanan khusus pada 3D audio untuk PlayStation 5.

Perubahan besar lainnya yang hadir ke PlayStation 5 adalah penggantian hard drive dengan SSD, yang dijanjikan Sony akan meningkatkan load time dan gameplay melampaui segala kemungkinan dengan hard drive.

Detail lain yang diungkapkan Sony mengenai PlayStation 5 termasuk fakta perangkat kompatibel dengan game PlayStation 4 yang ada. Berbeda dengan transisi PlayStation 3 ke PlayStation 4, PlayStation 4 dan PlayStation 5 berbagi arsitektur yang sama sehingga membuat dukungan lintas platform lebih mudah.

Sementara itu, Sony mengonfirmasi headset PSVR nanti akan bekerja dengan PlayStation 5. Untuk sekarang, Sony hanya membeberkan informasi hardware secara luas, jadi belum ada kabar soal game atau fitur media.

Soal peluncuran, PlayStation 5 kemungkinan tidak akan muncul di E3 karena produsen teknologi asal Jepang ini tidak akan hadir di sana tahun ini. Selain itu, belum ada tanggal resmi perilisan produk PlayStation 5.

Editor : Dini Listiyani