Tips Memotret Foto Panning dengan Kamera SLR

Riyandy Aristyo ยท Minggu, 22 November 2020 - 21:15:00 WIB
Tips Memotret Foto Panning dengan Kamera SLR
Tips memotret foto panning dengan kamera SLR (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Dunia fotografi mempunyai berbagai macam teknik pengambilan gambar. Salah satu teknik fotografi yang cukup digemari fotografer adalah panning.

Bagi yang masih tidak familiar dengan panning, teknik ini adalah pengambilan foto dengan objek bergerak. Teknik ini bisa digunakan untuk pengambilan gambar seperti balapan mobil.

"Memotret objek yang bergerak itu disebut panning. Teknik ini biasanya digunakan dalam fotografi sport misalnya sepak bola dan balapan mobil atau motor," kata fotografer yang pernah bekerja di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bambang Widjanarko Bambang Widjanarko saat dihubungi iNews.id beberapa waktu lalu.

Menurut Bambang, tidak semua fotografer profesional bisa melakukan teknik panning. Apalagi fotografer pemula. Karena teknik pengambilan ini membutuhkan skill yang mumpuni.

"Sebenarnya tak butuh kamera SLR yang bagus untuk mendapatkan foto panning. Cukup memakai skill dan momen objek yang tepat," ujar Bambang.

Tak lupa, Bambang juga memberikan sejumlah tips untuk menciptakan foto panning menggunakan kamera SLR dan berikut penjelasannya.

1. Siapkan kamera SLR

Kamera yang digunakan berjenis SLR dengan berbagai model maupun tipe.

2. Setting kamera pada mode Shutter Priority

Putar mode kamera ke posisi Tv atau S yang terdapat di konsol atas sebelah kanan maupun kiri.

3. Atur shutter speed

Gunakan shutter speed yang sesuai dengan rumus 1/20 detik untuk mengambil objek orang sedang berjalan/lari, 1/30 sampai 1/50 detik untuk pesepeda, 1/50 detik untuk objek mobil/motor yang bergerak dan 1/100 detik untuk objek balapan mobil/motor.

4. Atur lensa auto fokus

Selain menggunakan lensa mode manual, mode auto fokus juga bisa menjadi alternatif untuk menangkap objek yang bergerak cepat.

Editor : Dini Listiyani