TSMC Pertimbangkan Bangun Pabrik Chip Pertama di Jepang

Dini Listiyani ยท Jumat, 11 Juni 2021 - 17:17:00 WIB
TSMC Pertimbangkan Bangun Pabrik Chip Pertama di Jepang
TSMC Pertimbangkan Bangun Pabrik Chip Pertama di Jepang (Foto: Ist)

TAIPEI, iNews.id - Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) sedang mempertimbangkan membangun pabrik pembuatan chip pertamanya di Jepang. Kabar ini muncul usai Tokyo mendesak perusahaan untuk memperluas produksi semikonduktor mereka di dalam negeri. 

Menurut laporan NikkeiAsia, pembuat chip kontrak terbesar di dunia, yang juga adalah pemasok utama Sony, saat ini sedang mempertimbangkan membangun pabrik di Kumamoto Prefecture. Saat ini, perusahaan sedang mengevaluasi rencana membangun situs di Jepang barat, sesuai dengan sumber yang dekat dengan masalah tersebut. 

Khususnya, lokasi situs juga akan membuat pabrik dekat dengan salah satu pabrik Sony. Dengan kata lain, Sony menerima bantuan dari TSMC untuk memenuhi permintaan yang tinggi untuk sensor gambar, mikrokontroler otomotif, dan chip lainnya juga. 

Salah satu sumber menyatakan “TSMC sedang mempertimbangkan proposal pemerintah Jepang untuk membangun pabrik chip canggih di Jepang, meskipun belum sepenuhnya berkomitmen dan final.” Khususnya, pabrik tersebut akan menjadi situs pembuatan chip pertama TSMC di Jepang, dengan perusahaan-perusahaan dari wilayah tersebut menyumbang 4,7 persen dari pendapatannya pada tahun 2020.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2