2 Ribu iPhone Dibagikan ke Penumpang Kapal Pesiar yang Dikarantina akibat Virus Korona

Dini Listiyani ยท Sabtu, 15 Februari 2020 - 16:30 WIB
2 Ribu iPhone Dibagikan ke Penumpang Kapal Pesiar yang Dikarantina akibat Virus Korona

2.000 iPhone yang dibagikan ke penumpang yang terjebak di kapal pesiar (Foto: iMore)

OSAKA, iNews.id - Kapal pesiar Princess dikarantina di lepas pantai Jepang akibat adanya virus korona. Pemerintah Jepang rupanya telah mengetahui apa yang perlu dilakukan terhadap kapal pesiar tersebut.

Para penumpang kapal pesiar Princess diberikan iPhone. Setidaknya ada sekitar 2.000 iPhone yang dibagikan kepada penumpang kapal, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Sabtu (15/2/2020).

Kenapa iPhone? Kementerian Kesehatan, Perburuhan, dan Kesejahteraan Jepang memiliki aplikasi yang memungkinkan pasien berkomunikasi dengan dokter. Pihak berwenang menyimpulkan, memberikan setiap penumpang iPhone dengan pre-loading aplikasi di dalamnya akan menjadi cara terbaik bagi mereka mendapatkan saran medis.

Menurut iMore, ide awalnya sebenarnya adalah membagikan ponsel Android karena perangkat jauh lebih murah. Namun, ada kekhawatiran aplikasi pre-loading tidak dapat berfungsi dengan baik di perangkat Android.

Sebagai gantinya, pemerintah Jepang mengganti perangkat Android dengan iPhone. Sementara itu, menurut laporan NBC News, penumpang sudah dapat meninggalkan kapal pesiar.

Penumpang yang berusia di atas 80 tahun dan memiliki kondisi medis dan/atau kabin tanpa jendela di kapal kini turun dari pesawat. Mereka dipindahkan ke fasilitas karantina di daratan. Di sana, mereka akan tinggal setidaknya sampai 19 Februari 2020.

Sayangnya, tidak diketahui apakah penumpang di kapal pesiar korona virus perlu menyerahkan kembali iPhone mereka ke pihak berwenang atau boleh perangkat boleh disimpan sendiri.


Editor : Dini Listiyani