3 Trik Mempercepat Kinerja Ponsel Android

Siska Permata Sari ยท Rabu, 15 Januari 2020 - 09:26 WIB
3 Trik Mempercepat Kinerja Ponsel Android

Disadari atau tidak, kinerja ponsel dari waktu ke waktu biasanya akan melambat seiring dengan usia pemakaian. (Foto: Foss Bytes/Techlog360)

JAKARTA, iNews.id - Disadari atau tidak, kinerja ponsel biasanya akan melambat seiring dengan usia pemakaian. Banyak alasan mengapa ponsel Anda melambat dari waktu ke waktu.

Namun untuk pengguna ponsel android tidak perlu khawatir, karena banyak cara untuk memulihkan kinerja ponsel. Apa saja itu? Simak informasinya seperti dirangkum iNews.id dari Foss Bytes, Rabu (15/1/2020).

1. Unsintall aplikasi tak digunakan

Cara pertama untuk membuat ponsel Anda lebih cepat adalah dengan uninstall aplikasi yang tidak Anda gunakan atau jarang terpakai sehari-hari. Termasuk, aplikasi-aplikasi bawaan dari ponsel yang dapat di-uninstall.

2. Bersihkan chace ponsel

Ada beberapa aplikasi yang tidak Anda butuhkan secara teratur, tetapi cukup penting untuk mendapat tempat di ponsel Anda. Misalnya, aplikasi yang Anda gunakan untuk memesan penerbangan, hotel, dan memesan makanan.

Nah, untuk membuat ponsel Anda lebih cepat, cobalah untuk menghapus data di-cache untuk aplikasi tersebut di pengaturan atau setting untuk memastikan aplikasi-aplikasi itu tidak menghabiskan banyak ruang ketika tidak digunakan.

3. Gunakan aplikasi lebih ringan

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk membuat ponsel Anda lebih sederhana adalah menggunakan aplikasi 'Lite' yang lebih ringan. Misalnya, untuk keperluan media sosial, Anda bisa menggunakan Facebook Lite, Twitter Lite, atau Spotify Lite.

Menggunakan versi Lite untuk aplikasi dapat meningkatkan kinerja ponsel Android Anda. Aplikasi-aplikasi tersebut juga dapat mengurangi penggunaan data atau kuota Anda sehingga lebih irit.


Editor : Dani Dahwilani